You Are Here: Home » WISATA » PANTAI » Pantai Menganti Kebumen

Pantai Menganti Kebumen

menganti-pantai Menanti di Pantai Menganti

Informasi wisata Pantai Menganti Kebumen. Indonesia adalah negeri kepulauan, negeri yang di kelilingi dengan lautan dan pantai-pantainya yang indah. Bali dengan pantai Kuta, Jogjakarta dengan pantai Parangtritis, Belitung dengan pantai Tanjung Pendam, Manggar Beltim dengan Pantai Tanjung Kelayang (Laskar Pelangi). Kata para Penyair, pantai adalah sumber inspirasi yang tak bertepi dan tak pernah habis, Kebumen sebagai kota kabupaten yang sebagian wilayahnya di pesisir pulau Jawa selatan. Dalam istilah gaul kami jalur PAKISTAN (PAntai KISik selatAN ). Kabupaten yang potensi wisatanya sangat besar, sepanjang pantainya, dari Pantai AYAH /LOGENDING sampai Pantai AMBAL- MIRIT menyuguhkan pesona keindahan alam yang tidak kalah dengan pantai – pantai lain di Indonesia. Selain itu, di kawasan selatan Kebumen, juga dikenal sebagai tempat pelelangan ikan (TPI) sebagai komoditas ikan dari para nelayan Kebumen, dan para pemetik atau pengunduh sarang burung walet.

Salah satu pantai yang sudah cukup lama dikenal oleh masyarakat sekitar karena keindahannya adalah Pantai Menganti Kebumen, oleh Pemkab Kebumen pantai ini belum lama secara resmi dijadikan wisata terbuka dan menjadi tujuan wisata yang tidak boleh ditinggalkan, Kebumen yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di bagian selatan memang menjadi salah satu surganya obyek wisata pantai, explore Kebumen, dan view wisata Kebumen. Beberapa obyek wisata pantai Kebumen yang sudah terkenal, seperti Pantai Logending, Karangbolong, Petanahan dan Suwuk. Namun, tidak seperti pantai lain yang pasirnya hitam. Pantai Menganti Kebumen memiliki hamparan pasir putih yang memikat. Seperti pasir pantai di kepulauan Belitung.

Lokasi Pantai Menganti Kebumen arah ke timur tidak jauh dari Pantai Logending (pantai yang sudah lebih lama dikenal sebagai wisata pantai Kebumen), pantai yang sebelumnya hanyalah tempat berkumpulnya para nelayan lokal. Rasanya untuk mendiskripsikan keindahan Pantai Menganti Kebumen tidak cukup memuaskan hanya dalam bentuk tulisan, tanpa harus mendatangi dan melihat keindahannya sendiri. Pantai Menganti Kebumen menjadi begitu menarik dan mengagumkan seperti sejarah cerita pantai tersebut yang bisa ditanya kepada penduduk setempat. Mitos Pantai Menganti Kebumen diambil dari nama MENGANTI yang melatarbelakangi, dan berbagai sumber yang bisa saya tuliskan di sini :

Dikisahkan seorang panglima perang Kerajaan Majapahit melarikan diri ke pesisir selatan Jawa karena hubungannya dengan pujaan hati tidak direstui sang raja. Mereka berjanji bertemu di tepi samudra berpasir nan indah. Sepanjang hari, sang panglima pun terus menanti sang pujaan hati yang  tak kunjung datang, di atas bukit kapur sambil memandang laut lepas. Penantian panjang menanti dan terus menanti.

pantai-menganti-kebumen

Pantai Menganti Kebumen

Penggalan mitos pantai Menganti Kebumen tersebut menggambarkan asal nama pantai tersembunyi di pesisir selatan kabupaten Kebumen. MENGANTI = menanti/penantian. Lokasi pantai Menganti Kebumen berada di desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Pantai Menganti ini dibatasi perbukitan batu gamping dan batu bekas gunung api. Hamparan pasir putih hasil abrasi batu gamping dan keindahan pohon kelapa di pinggir pantai menciptakan nuansa dan pesona nan indah.  Di Pantai Menganti Kebumen, kita juga bisa melebur dengan keseharian para nelayan setempat yang bersahaja .Kesantunan khas masyarakat nelayan membuat kita menjadi akrab. Mereka biasa duduk di perahu setelah semalaman melaut.Kita bisa membeli ikan segar langsung di tempat pelelangan ikan layaknya kita baru saja menangkap sendiri.

Pemandangan lebih indah bisa dilihat jika kita mendaki bukit di sisi timur pantai. Di puncak bukit terdapat Mercusuar buatan Belanda tahun (1912-1915) setinggi 20 meter yang bisa dinaiki hingga puncaknya. Dari lokasi ini, mata kita otomatis akan di arah untuk melihat seluruh kawasan pantai, lekuk-lekuk bukit karang membentang, hingga birunya samudera dan sesekali burung lawet beterbangan. Romantisme keindahan dan keagungan Tuhan. Pada awal 2011, awal mula Pantai Menganti dibuka untuk umum oleh pemerintah desa setempat. Sebelumnya lokasi ini hanya menjadi tempat pendaratan perahu nelayan. Hanya dikenal oleh masyarakat sekitar Kebumen, Setelah resmi dibuka menjadi wisata, rasanya sangat layak untuk dikunjungi wisatawan dalam negeri dan manca negara. Sebagai upaya promosi wisata Pantai Menganti dan meningkatkan pelayanan kepada para pengunjung, di Juli 2017 dibangun free hot spot area sebagai fasilitas wifi gatis di kawasan wisata Menganti. Demikian informasi wisata pantai Menganti Kebumen, semoga bermanfaat.

About The Author

Untuk bergabung dengan Group Aku Cinta Kebumen di Facebook, silahkan buka link ini => Aku Cinta Kebumen

Number of Entries : 141

Comments (24)

Leave a Comment

© 2014. Facebumen - Aku Cinta Kebumen. Supported by Tips & Trik

Scroll to top