Manfaat Ciplukan untuk menyembuhkan penyakit

Tanaman obat tradisional atau tanaman obat keluarga yang juga biasa disebut sebagai tanaman herbal yang bernama Ceplukan atau Ciplukan merupakan sejenis buah kecil yang saat buahnya mulai membesar sampai ketika matang atau berwarna kuning selalu tertutup oleh kelopak bunga. Buah Ciplukan saat matang terasa manis dan sedikit asam (kecut) ini seringkali jatuh ke tanah dengan kondisi masih tertutup oleh kelopaknya. Tanaman obat herbal murah berkhasiat untuk kesehatan ini memiliki nama yang berbeda-beda. Nama lain dari Ceplukan sebagai tanaman dengan manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh adalah Cecendet atau Cecenet, Kopok-kopokan, Nyurnyuran, dan Cimplukan.

Ekologi tanaman obat keluarga harga murah bahkan gratis ini bernama Ciplukan yang memiliki banyak khasiat sebagai tanaman obat atau apotek hidup manjur serta tanaman herbal ampuh ini tumbuh liar di semak semak, pinggiran sawah, hutan, kebun, pekarangan, pinggir sungai, dan Ciplukan bisa dibudidayakan di pot atau polybag melalui biji maupun dengan memindahkan tanaman Ceplukan.

Manfaat Ceplukan untuk kesehatan sebagai tanaman obat keluarga murah meriah atau sebagai ramuan obat tradisional ajaib tapi nyata, yaitu dengan memanfaatkan seluruh bagian tumbuhan Ceplukan, dari mulai manfaat buah Ciplukan, khasiat daun Ciplukan, manfaat batang pohon Ciplukan, sampai ke manfaat akar Ciplukan untuk kesehatan atau manfaat akar Ciplukan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Dikutip dari berbagai sumber, bahwa kandungan tanaman Ciplukan adalah fisalin, asam sitrat, asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin, gula buah, dan vitamin C.

Manfaat Ciplukan untuk menyembuhkan penyakit, antara lain :

  • Manfaat Ciplukan membantu penyembuhan sakit jantung
  • Khasiat Ceplukan benyembuhkan sakit gigi atau gusi berdarah
  • Manfaat Cecendet membantu menurunkan sesak nafas atau asma dan sakit paru-paru
  • Khasiat t Cimplukan untuk mengobati penyakit kulit seperti borok dan bisul
  • Manfaat Ceplukan bisa menurunkan demam atau panas
  • Khasiat Ciplukan dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau stroke
  • Manfaat Cimplukan dapat membersihkan kencing keruh
  • Manfaat Ciplukan untuk membantu mengobati kanker payudara
  • Manfaat Ciplukan membantu menyembuhkan sakit kuning pada bayi
  • Manfaat Cimplukan bisa mengatasi gejala Parkinson
  • Manfaat Ciplukan guna membantu menurunkan kadar gula darah
  • Manfaat Ceplukan berkhasiat untuk menurunkan gejala epilespi atau sawan celeng
  • Khasiat Ciplukan untuk mengatasi gejala rematik dan nyeri sendi

Manfaat dan khasiat Ciplukan untuk kesehatan agar bisa untuk membantu pengobatan dan menyembuhkan macam penyakit seperti tersebut di atas tentu saja disesuaikan dengan cara meramu yang benar atau cara mengolah dan mengkonsumsinya secara tepat serta rutin dengan memanfaatkan bagian yang ada, baik itu daun Ciplukan, buah Ceplukan, batang Cecenet, maupun akar Cimplukan. Cara meramu Ciplukan untuk menyembuhkan penyakit bisa direbus,  dijemur atau dikeringkan atau dibuat teh lalu diseduh, dengan cara dimakan langsung dan dengan cara ditumbuk lalu dioleskan.

admin

Untuk bergabung dengan Group Aku Cinta Kebumen di Facebook, silahkan buka link ini => Aku Cinta Kebumen

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *