Wahana wisata yang ada di pantai Menganti

Wisata pantai merupakan salah satu tempat tujuan atau destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi oleh para pelancong atau turis, baik turis lokal maupun manca negara. Selain karena pantai merupakan tempat yang alami dengan hamparan laut yang begitu luas, juga pantai merupakan tempat yang memberikan banyak kebebaasn bagi para wisatawan, dari mulai sekedar duduk-duduk, tiduran, berjemur, terapi sehat, jogging, berlarian, berselancar, berenang, memancing, menyaksikan sunrise dan sunset, dan hal-hal lain yang begitu mengasyikan. Aktivitas saat wisata menikmati keindahan laut lepas di pantai sangat diminati karena memang selain tarif masuk yang relatif sangat murah, juga sangat cocok untuk segala usia.

Keindahan pantai dan pesona lautan yang terhampar luas di berbagai tempat  atau obyek wisata pantai yang ada, semakin dikemas dan dikembangka dengan memberikan wahana wisata lain. Hal ini tentu saja sebagai sarana untuk lebih memanjakan para pengunjung dan memberikan banyak pilihan untuk bermain, berfoto, merekam video, sampai kebutuhan lain seperti fasilitas outbound atau uji keberanian dan ketangkasan dengan suasana pantai yang segar dan menyehatkan. Salah satu tempat wisata pantai atau objek wisata bahari terkenal di wilayah kabupaten Kebumen Jawa Tengah adalah pantai Menganti Kebumen.

Pantai Menganti Kebumen yang secara resmi dibuka untuk umum sebagaii tempat wisata Kebumen pada 23 Juli 2011 terus membenahi diri sampai di Desember 2018 ini, sehingga sudah semakin siap dijadikan sebagai salah satu tujuan liburan akhir tahun atau tahun baru, liburan hari raya, juga wisata akhir pekan. Sebagai salah satu tempat wisata pantai favorit dan wisata pantai terbaik di Jawa Tengah, dimana sudah samakin banyak wahana wisata yang ada di pantai Menganti yang disediakan untuk memanjakan dan menghibur para wisatawan, serta terus diupayakan penyempurnaan sarana dan prasarana yang semakin memadai, aman, dan tentu saja dengan harga terjangkau.

Keindahan dan eksotisme pantai Menganti Kebumen dengan hamparan pasir putih serta keindahan alam sekitar dari mulai batu karang, gua, sampai perbukitan purba, menjadikan pantai Menganti Kebumen seringkali disebut sebagai surga tersembunyi atau Hidden Paradise of Kebumen. Lokasi atau letak Pantai Menganti berada di selatan kota Kebumen dengan jarak tempuh sekitar sekitar 1 jam perjalanan ke arah selatan, dengan melalui jalan yang memang cukup menantang yaitu berkelok-kelok serta naik turun. Wahana wisata yang ada di pantai Menganti bisa dinikmati dari yang memang alami maupun non-alami atau buatan manusia.

Wahana wisata di pantai Menganti dari mulai rute kedatangan wisatawan sebelum sampai ke pintu masuk pantai Menganti adalah berupa hamparan bukit purba yang bernama bukit Banjaran. Dari bukit Banjaran ini, pelancong akan menyaksikan keindahan hamparan luas laut Menganti yang biru berpasir putih di antara perbukitan yang hijau. Wahana wisata di pantai Mengamti berikutnya setelah pintu masuk pantai Menganti adalah Tebing Keteb Widadari, yang terletak di sebelah kanan setelah turunan. Pada tebing alami ini terdapat wahana wisata berupa balon udara yang bisa dinaiki oleh para pengunjung.

Wahana wisata berikutnya adalah tempat Pelelangan Ikan atau TPI Menganti, kemudian tak jauh dari situ para wisatawan bisa melihat obyek wisata berupa Tugu Menganti atau monumen peresmian wisata Menganti. Wahana wisata berikutnya yang adad di akwasan pantai Menganti dimana tepat atau lokasi tersebut sangat cocok dijadikan sebagai obyek fotografi, spot foto menarik, foto selfie, sampai untuk vlog maupun rekam video secara bersama-sama denga teman juga saudara. Wahana wisata atau objek menarik di Menganti yang juga tak kalah indah dan menarik adalah berupa kolam laut. Dimana di tempat ini terdapat wahana wisata berupa spot sepeda gantung. Spot sepeda gantung di pantai Menganti bertarif Rp 20 ribu dengan fasilitas naik sepeda digantung atau sepeda melayang dengan latarbelakang laut Menganti, serta mendapatkan sebuah foto.

Venue wisata yang ada di pantai Menganti berikutnya adalah fasilitas gratis berupa Shuttle yang disedikan secara gratis uututk para pegunjung agar bisa berkeliling pantai dan mengabadikan momen serta kiendahan pantai juga laut Menganti. Dari tempat parkiran menuju ke arah barat, maka wisatwan akan menjumpai barisan perahu nelayan di tempat parkir perahu. Di wahan ini, para pelancong bisa melihat para nelayan mengumpulkan hasil tangkapan mereka, dan yang paling favorit berupa ubur-ubur dan jelly fish. Dimana hasil tangkapan ikan para nelayan tersebut bisa langsung kita beli, untuk kemudian bisa langsung kita bakar di warung-warung yang ada di situ.

Venue indah nan eksotis berikutnya yang ada di pantai Menganti adalah Goa Menganti. Dimana gua Menganti ini berukuran cukup kecil dan sempit serta mulut goa yang menghadap ke laut. Keunikan  goa Menganti ini adalah jika laut sedang pasang, air laut tetap tidak bisa masuk ke dalam goa, tetapi hanya sampai di mulut goa saja. Venue lain di pantai Menganti adalah Jogging Track, yang bisa digunakan para wisatawan pantai Menganti untuk mengeliingi dan menikmati bukit-bukit di sepanjang pantai. Selain itu di lokasi ini para pengunjung juga bisa meiadikan sebagai spot mancing favorit, karena berbentuk karang yang menjorok ke laut.

Wahana wisata atau venue menarik di pantai Menganti lain yang juga tak kalah menarik untuk dijadikan tempat rekreasi, foto seflie, spot foto, hunting foto, vlog, dan rekam video untuk mengabadikan momen menarik nan indah, bahkan ada villa di Menganti untuk para wisatawan yang hendak menginap, adalah :

  • Jembatan Merah
  • Karang Bata
  • Gazebo
  • Camping Ground
  • Villa di Bukit Sigatel
  • Bukit Sigatel
  • Lembah Menguneng
  • Watu Bolong

admin

Untuk bergabung dengan Group Aku Cinta Kebumen di Facebook, silahkan buka link ini => Aku Cinta Kebumen

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *