Jadwal Operasi Patuh Candi 2018

Setelah beberapa minggu yang lalu telah digelar operasi tertib lalulintas berupa Operasi Keselamatan 2018 yang dilaksanakan pada bulan Maret, kembali kali ini jajaran Kepolisian Lalu Lintas melaksanakan operasi bagi para pengguna jalan raya. Operasi dalam rangka tertib berlalu lintas yang mulai dilaksanakan pada akhir April 2018 ini adalah Operasi Patuh 2018. Gelaran operasi lalu lintas atau razia kendaraan bermotor di jalan raya ni dilaksanakan serentak dan menyeluruh di semua wilayah Polres, Polrestabes, sampai ke Polda di seluruh Indonesia, dan tak ketinggalan juga di wilayah Polda Metro Jaya. Nama Operasi Patuh ini tentu saja agak berbeda yang disesuaikan dengan wilayah propinsi masing-masing, dimana untuk wilayah Jawa Tengah bernama Operasi Patuh Candi 2018. Jadwal Operasi Patuh Candi 2018 digelar mulai tanggal 26 April sampai 9 Mei 2018.

Bagi mereka para pengendara kendaraan bermotor baik itu sepeda motor, kendaran bermotor roda tiga, mobil, truk, bis, dan kendaraan jenis lainnya akan menjadi sasaran penilangan atau terkena denda tilang apabila terjaring razia karena melanggar di Operasi Patuh 2018 ini. Sasaran Operasi Patuh 2018 di seluruh wilayah kepolisian RI, termasuk di wilayah Kebumen akan dikenakan secara merata dalam artian berlaku sama bagi semua pengguna jalan yang memakai kendaran bermotor akan terkena tilang apabila terbukti melanggar, termasuk untuk mereka para pelajar atau siswa sekolah.

Tujuan operasi patuh candi 2018 ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tertib berlalulintas demi menciptakan keselamatan bersama dalam berkendara dan menggunakan jalan raya, terlebih lagi dalam rangka menjelang musim mudik Lebaran 2018. Hal ini tentu saja juga sangat bermanfaat, termasuk untuk para pelajar dan siswa sekolah agar senantiasa displin dan patuh dalam menggunakan jalan raya. Operasi Patuh ini juga diharapkan dapat mengurangi angka kecelakaan di jalan raya. Pada gelaran Operasi Patuh Candi 2018 ini lebih mengedepankan tindakan preventif dan tindakan Gakkum (Penegakan Hukum) yang berupa Dakgar (Tindak Pelanggaran) Lantas yang potensial mengakibatkan kecelakaan.

Untuk rincian dari target Sasaran Operasi Patuh Candi 2018 adalah :
– Melawan arus
– Pengemudi masih di bawah umur
– Pengemudi yang menggunakan Hp saat berkendara
– Berboncengan sepeda motor lebih dari satu
– Pengendara motor tidak memakai helm
– Pengendara tidak membawa STNK dan SIM
– Ngebut atau melebihi batas kecepatan
– Pengemudi kendaraan roda empat atau lebih tidak memakai sabuk keselamatan
– Pengemudi mabuk karena miras dan narkoba

admin

Untuk bergabung dengan Group Aku Cinta Kebumen di Facebook, silahkan buka link ini => Aku Cinta Kebumen

1 Comment

  • […] Jadwal razia kendaraan bermotor, seperti motor. mobil, bus, truk, angkutan umum, dan kendaraan bermotor jenis lain yang menggunakan jalan raya pada musim mudik 2018 ini dilaksanakan pada tangal 7 Juni sampai 25 Juni 2018.  Khusus pelaksanaan Operasi Ketupat Candi 2018 di Kebumen juga memanfaatkan sarana teknologi aplikasi smartphone masa kini yaitu Waze. Seperti dikutip dari situs detik.com, bahwa semua personel aparat Polres Kebumen yang bertugas pada Operasi Ketupat Candi 2018 diwajibkan untuk menggunakan aplikasi navigasi, yaitu aplikasi Waze. Tujuan dari penggunaan aplikasi Waze ini adalah untuk mempermudah aparat Polres dalam mengetahui titik lokasi kemacetan, juga untuk membantu pemudik mencari jalur alternatif yang tercepat, saat terjebak macet. (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); […]

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *