You Are Here: Home » WISATA » ALAM » Wisata Sungai Bawah Tanah di Goa Barat Kebumen

Wisata Sungai Bawah Tanah di Goa Barat Kebumen

goa-barat-ayah-kebumenInfo tempat wisata Kebumen yang berupa keindahan alam dan keunikan sungai bawah tanah di dalam goa, tepatnya sungai bawah tanah di dalam goa Barat kecamatan Ayah, kabupaten Kebumen. Keindahan alam Kebumen bukan hanya didominasi oleh wisata pantai, wisata laut, wisata bukit atau landscape, wisata air terjun, wisata geologi, wisata sejarah, wisata religi, dan wisata goa saja, namun juga memiliki keindahan alam yang terus dieksplore oleh masyarakat penggiat wisata dan kelompok pecinta alam serta dinas wisata dan instansi terkait. Sebagai kawasan karst, kabupaten Kebumen juga menyimpan berbagai keindahan alam yang terletak di bawah tanah, seperti goa, sendang di dalam gua, dan sungai di bawah tanah. Goa Jatijajar dan Goa Petruk di Desa Candirenggo Kecamatan Ayah adalah sebagian dari ikon wisata Kebumen yang ada di bawah tanah dan sudah populer secara nasional, bahkan sampai ke manca negara. Selain 2 gua terkenal tersebut, di Kebumen juga sudah mulai dikembangkan, potensi wisata goa yang lain, seperti Goa Darat dan Goa Simbar di Kecamatan Buayan, serta sebuah goa indah yang lokasinya tidak jauh dari Jatijajar, yaitu Goa Barat.

Asal usul nama Goa Barat berasal dari bahasa Jawa yang berarti hembusan angin yang kuat atau badai. Dinamakan goa Barat, karena di goa tersebut selalu terdengar desisan angin yang keluar dari air terjun. Suara angin tersebut kemudian oleh warga sekitar dijadikan nama goa, yakni Goa Barat. Keunikan, keindahan dan keajaiban Goa Barat semakin populer ke berbgai wliayah di tanah air bahkan juga sudah sampai ke luar negeri, sehingga sejumlah program petualangan di TV Nasional bahkan TV internasional tertarik untuk menelusuri goa yang juga disebut sebagai goa 100 air terjun ini. Lokasi Goa Barat terletak di Blok Karangpucung, Dusun Pulamarta, Desa Jatijajar, kecamatan Ayah, Kebumen. Arah menuju lokasi ke gua Barat dapat ditempuh dengan perjalanan menggunakan angkutan umum (angkudes) atau kendaraan pribadi (mobil dan motor), dimana jarak goa Barat dari kota Kebumen adalah sekitar 42 kilometer ke arah barat daya, atau sekitar 21 kilometer dari arah kota Gombong ke selatan. Untuk letak mulut goa Barat itu tidak jauh dari perkampungan warga di Karangpucung, sehingga dengan berjalan kaki hanya dibutuhkan waktu sekitar 15 menit saja.

Keindahan Goa Barat dengan nuansa eksotik, mistis, serta petualangan yang dirasakan saat memasuki mulut goa, adalah karena  mulut goa yang cukup kecil, dan dipenuhi dengan bermacam stalakmit-stalaktit yang masih hidup di dinding atas goa Barat, sehingga kita harus berhati-hati ketika menulusuri goa Barat. Harus diperhatikan, bahwa saat menelusuri area di dalam goa Barat harus didampingi pemandu wisata goa yang sudah berpengalman dan tahu pasti letak dan area di dalam goa Barat. Karena kondisi medan di dalam Goa Barat yang cukup berat dan menantang karena cukup sempit dan gelap, sehingga mewajibkan setiap pengunjung membawa peralatan khusus atau peralatan caving pada umumnya, seperti senter, helm khusus, SRT, tali descender, pakaian khusus, dan sejenisnya. Atau bila tidak memiliki, maka Anda bisa menyewa perlengkapan tersebut untuk menelusuri keindahan alam di goa Barat dan sungai bawah tanah di Goa Barat. Untuk bisa sampai ke lokasi sungai bawah tanah yang indah dan menakjubkan dengan air yang sangat jernih, kita harus menulusuri sejauh kurang lebih 300 meter dari mulut goa Barat.

Fenomena keindahan alam bawah tanah di dalam goa Barat Kebumen ini tidak hanya menyajikan sungai bawah tanah dan keindahan stalaktit-stalakmit hidup, namun masih ada lagi, antara lain adanya air terjun. Air terjun di dalam gua Barat itu muncul dari tanah yang mengalir sepanjang 1 km lalu masuk kembali ke dalam tanah. Balai Pengelolaan Sumberdaya Air (PSDA) Progo Bogowonto Luk Ulo (Probolo) pernah mengukur kapasitas sumber air di di goa tersebut mencapai sekitar 255 liter/detik. Sampai di sungai bawah tanah dalam Goa Barat tersebut, perjlanan menelususi keindahan Goa Barat semakin berat, sehingga hanya mereka yang memiliki nyali dan keahlian menyusuri goa dengan peralatan memadai saja yang bisa melanjutkan perjalanan menyusuri goa Barat sampai ke ujung goa. Karena, diperkirakan bahwa ujung akhir dari goa Barat adalah tembus dan berada di laut kawasan Karangbolong. dan untuk menelusuri goa secara penuh diperkirakan membutuhkan waktu 10 hari.

Keindahan dan misteri Goa Barat telah dieksplore oleh para ahli dan petualang goa (caver) sejak tahun 2002, dimana pemandu senior (Riyono) pada tahun itu pernah melakukan penelusuran bersama beberapa warga serta caver nasional dan caver Belgia dan Perancis. Dan pada 2005 kembali melusuri goa Barat bersama caver dari Jepang yang hendak mengadakan penelitian tentang goa Barat dan segala keindahan serta keunikan yang ada di dalamnya. Keindahan dan keajaiban dalam goa Barat tidak hanya sungai di bawah tanah, stalaktit-stalakmit, namun juga terdapat beberapa air terjun yang indah. Beberapa air terjun bawah tanah yang ada di goa Barat, antara lain bernama; air terjun  Sister Morphine (ketinggian 5 meter), Jump Ulysess dan Takatsavone (ketinggian 8 meter), serta air terjun bawah tanah yang tertinggi sekitar 32 meter bernama Superman’s Big Sister. Demikian informasi wisata dan explore Kebumen tentang wisata sungai bawah tanah di Goa Barat Kebumen, semoga bermanfaat. (dari berbagai sumber, @denbow)

About The Author

Untuk bergabung dengan Group Aku Cinta Kebumen di Facebook, silahkan buka link ini => Aku Cinta Kebumen

Number of Entries : 137

Comments (1)

Leave a Comment

© 2014. Facebumen - Aku Cinta Kebumen. Supported by Tips & Trik

Scroll to top