You Are Here: Home » WISATA » PANTAI » Wisata Pantai Lembupurwo

Wisata Pantai Lembupurwo

wisata_pantai_lembupurwoInformasi budaya, kuliner, sejarah, dan destinasi wisata Kebumen kali ini akan menyampaikan informasi wisata alam dan wisata Pantai Kebumen, yaitu di wilayah Kebumen Timur, yang lebih tepatnya lokasi pantai Lembupurwo ada di desa Lembupurwo, Kecamatan Mirit (selatan kecamatan Prembun dan kecamatan Bonorowo). Keindahan dan pesona wisata pantai di Lembupurwo tersebut dikenal sebagai wisata pantai Lembupurwo atau pantai laguna Lembupurwo, yang mana pada pertengahan 2014 pantai Lembupurwo telah resmi dikenalkan dan dipasarkan kepada wisatawan sebagai tempat wisata pantai di Kebumen, dan masuk dalam denah atau peta wisata Kebumen. Keindahan kawasan pantai Lembupurwo kecamatan Mirit ini sebenarnya sudah sejak lama menjadi alternatif tempat wisata dan tujuan untuk plesiran bagi para penduduk di wilayah Kebumen, Kutoarjo, Purworejo, dan sekitarnya terutama di saat liburan hari Lebaran dan tahun baru.

Dijadikannya pantai Lembupurwo (Lembupurwo Beach) di Desa Lembupurwo, Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen sebagai obyek survei oleh biro-biro jasa wisata di Jawa Tengah dan Yogyakarta setahun terakhir ini, cukup berdampak positif bagi arus kunjungan wisatawan ke kawasan ini, yang mana sebelumnya sudah ada wisata Pantai Rowo yang juga terkenal di kecamatan Mirit. Pada awalnya pantai Lembupurwo ini hanya dikunjungi oleh wisatawan asal wilayah Kebumen bagian timur, dan wilayah barat penduduk kabupaten Purworejo saja, namun kini kawasan wisata pantai Kebumen yang berpasir bersih dan berlaguna indah ini semakin sering dikunjungi pelancong dan wisatawan dari luar kota Kebumen. Asal usul nama atau mitos Lembupurwo, diambil dari kata lembu dan purwo dalam bahasa Jawa, yang kurang lebih artinya adalah lembu itu sapi dan purwo adalah asal atau permulaan.

Gambaran pesona keindahan pantai Lembupurwo yang terletak di sebelah timur pantai Rowo, selain memiliki hamparan pasir yang bersih sepanjang 3 km, pesona laguna yang indah, gumuk pasir atau gundukan pasir indah dan unik, juga deburan ombak yang cukup besar dan tinggi yang bisa disaksikan, ombak besar laut Lembupurwo ini sama dengan tipe dari hampir semua ombak di laut selatan Indonesia (samudera Hindia). Untuk menyaksikan pantai dan ombak sebagai keindahan pantai Lembupurwo, kita bisa menikmatinya dari jarak yang dekat dan cukup teduh, karena terdapat hutan payau (wisata mangrove) dan hutan cemara udang. Hutan Cemara yang dibudidayakan di pantai Lembupurwo ini merupakan hasil kerja keras dan semangat dari Kelompok Tani Cemara bersama Pemerintah Desa Lembupurwo. Manfaat dan fungsi hutan Cemara di kawasan pantai Lembupurwo adalah sebagai penambah keindahan alam di lokasi pantai Lembupurwo, sebagai peneduh bagi para pengunjung, sebagai penyejuk lokasi, sebagai lokasi untuk fotografi alam pantai, maupun foto prewedding pernikahan, video shooting, dan sebagainya.

Untuk yang hobi mancing ikan, tentu saja laguna Lembupurwo sangatlah tepat untuk tempat memancing, karena merupakan daerah muara atau pertemuan antara sungai dengan laut, sehingga memungkinkan terdapat banyak ikan. Sebagai wahana wisata pantai di kawasan timur Kebumen, para pihak yang bertanggungjawab langsung terhadap obyek wisata pantai Lembupurwo ini terus memperbaiki fasilitas yang ada, menjaga kebersihan pantai, melakukan penanaman dan merawat tanaman sebagai sarana penghijauan pantai, dan sebagainya. Kelompok Tani Cemara dan pemerintah desa Lembupurwo merupakan pihak yang langsung bertanggungjawab untuk menangani dan merawat fasilitas serta kebersihan dari pantai Lembupurwo itu, beberapa fasilitas, seperti jamban dan jembatan bambu sepanjang 30 meter sebagai sarana pengunjung melewati hutan bakau, pembangunan gapura masuk ke obyek wisata pantai Lembupurwo, mengatur ketertiban dan lokasi pedagang makanan di kawasan gumuk pasir Lembupurwo, dan sebagainya. Semoga kedepannya, obyek wisata pantai Lembupurwo semakin siap dan lengkap fasilitas yang tersedia, memadai dari unsur SDM dan pengelola baik dari masyarakat setempat maupun Dinas Pariwisata Kebumen dan instansi terkait, sehingga wisata Pantai Lembupurwo bisa menjadi obyek wisata pantai terkenal di Kebumen, dan menjadi tujuan wisata pantai bagi Indonesia. (sumber: kebumenkab.go.id)

Pada liburan Lebaran 2015, pantai Lembupurwo Mirit sudah resmi dijadikan sebagai kawasan wisata pantai di bagian timur Kebumen yang mana cukup ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Sebagai objek wisata pantai yang notabene pada setiap musim Lebaran tiba sebagian besar warga Kebumen, Purworejo, dan sekitarnya selalu melakukan kegiatan atau adat Syawalan dengan wisata bersama saudara, kerabat, dan keluarga dengan mengunjungi laut selatan. Aneka macam sarana wisata yang tersedia di Pantai Lembupurwo pada musim Idul Fitri 2015 antara lain adalah taman bermain anak, sarana MCK, kedai makan, hutan cemara, tanaman mangrove, laguna Lembupurwo, kolam renang pasir, perahu rakit bambu, muara sungai, serta pantai Lembupurwo yang masih bersih dan indah. Dimana tarif atau karcis untuk tiket masuk ke wisata pantai Lembupurwo pada Lebaran 2015 adalah gratis, hanya ada biaya Rp 2 ribu saat hendak menyeberang menggunakan perahu rakit bambu dan ada biaya parkir kendaraan. Berikut ini beberapa foto keindahan alam, gelombang laut, hutan cemara, laguna, pantai dan laut Lembupurwo di kecamatan Mirit, kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Foto yang ada di album wisata Lembupurwo ini antara lain berupa gambar atau foto laut Lembupurwo, arena main anak Lembupurwo, foto hutan cemara Lembupurwo, kebersihan pantai Lembupurwo, keindahan laut Lembupurwo, kolam renang Lembupurwo, kuliner Lembupurwo, pasir laut Lembupurwo, gunung pasir Lembupurwo, foto pesona laguna Lembupurwo, pesona pantai Lembupurwo, gapura selamat datang, wisata ikan Lembupurwo, foto laut Lembupurwo, dan wisata mangrove di Lembupurwo. (@denbow)

« 1 of 3 »

About The Author

Untuk bergabung dengan Group Aku Cinta Kebumen di Facebook, silahkan buka link ini => Aku Cinta Kebumen

Number of Entries : 141

Comments (7)

  • Muhamad Nasrulloh

    Saya sebagai warga lembupurwo sangat mendukung dengan disebar luaskan obyek wisata pantai laguna lembupurwo, saya sebagi anggota tani cemara di pantai laguna sangat termotifasi untuk mengembangkan obyek wisata pantai laguna lembupurwo,,, dengan pemandangan laut, cemara dan hutan bakau di sebelah timur pantai laguna sangan mengagumkan tumbuh subur sehingga sekarang banyak habitat baru yang tinggal di alam baru tersebut, seperti kepiting bakau sekaramg sangat mudah untuk di temukan dipinggiran kali pada malam hari, dan banyak berbagai sepesies burung yang tinggal di hutan bakau dan cemara,…. Di sini Bapak cokro aminoto sebagau ketua pengelola pantai laguna lembupurwo lanyak disebut bapak penyelamat lingkungan,,, semoga bapak cokro dapat penghargaan dari pemerintah, karena semngat dan kerja kerasnya sekarang berbuah hasil pemandangan yang menakjubkan, dan saya juga berterimakasih kepada UGM dan dinas kehutanan yang mendukung pengembangan dipantai laguna, Terimakasih ttd Nasrulloh “mahasiswa UNY”

    Reply
    • admin

      Iya bener mas, karena itu merupakan tindakan yang positif dan bermanfaat. Selain utk menjaga kelestarian lingkungan dan keindahan alam di pantai Lembupurwo, hal tsb juga bisa dijadikan sebagai sarana wisata pantai di wilayah timur kab. Kebumen dan bs menjadi sarana utk meningkatkan perekonomian warga sekitar.

      Reply
  • pratama

    Lokasi Wisata Pantai yang mudah di jangkau, murah, meriah tapi mempunyai keunikan yang susah ditemukan duanya di pantai selatan area, buat pengelola & pihak terkait mungkin bisa dipertahankan dan di kembangkan ekosistem serta fasilitas penunjang yang udah ada,,,,,Nice Info & Trip Area,,,,

    Reply
    • admin

      Iya, mudah²an bs dijaga keindahan & kebersihannya, serta bs ditingkatkan lagi fasilitas wisata di Lembupurwo. Utk cemaranya, smoga semakin subur, rimbun, dan tinggi biar bisa seperti pantai goa Cemara di Kuwaru, kec. Srandakan, kabupaten Bantul 🙂

      Reply

Leave a Comment

© 2014. Facebumen - Aku Cinta Kebumen. Supported by Tips & Trik

Scroll to top