You Are Here: Home » WISATA » PANTAI » Wisata Pantai Ayah Kebumen

Wisata Pantai Ayah Kebumen

pantai ayah kebumenInformasi tempat wisata Kebumen tentang tempat wisata pantai yaitu Pantai Ayah Kebumen. Pantai Ayah Kebumen dikenal juga sebagai pantai Logending Kebumen, dimana letak atau lokasi pantai Ayah ada di desa Ayah, kecamatan Ayah, kabupaten Kebumen arah selatan sekitar 8 km dari Gua Jatijajar, atau sekitar 53 km dari kota Kebumen. Pantai Ayah atau pantai Logending merupakan salah satu obyek wisata pantai Kebumen yang memiliki keindahan alam sangat menawan dan ramai dikunjungi wisatawan dengan harga tiket masuk yang murah dan terjangkau, baik pada hari Minggu, hari libur, maupun saat tahun baru dan hari raya Idul Fitri (Lebaran). Selain kondisi pantai dan laut Logending yang indah dengan ombak besar sebagai ciri khas dari laut di kawasan selatan (Samudera Hindia), juga ditambah dengan kawasan hutan jati milik Perum Perhutani KPH Kedu Selatan. Kondisi strategis pantai Logending yang berada di antara samudra Indonesia dan hutan jati merupakan satu-satunya yang ada di Jawa Tengah.

Selain itu, keindahan Pantai Logending (pantai Ayah) juga merupakan pantai nelayan (lahan TPI atau Tempat Pelelangan Ikan di Kebumen), ditambah dengan adanya bukit hutan jati dan muara sungai Bodo yang merupakan sungai pemiasah antara kabupeten Kebumen dengan Cilacap. Fasilitas atau wahana wisata di pantai Logending ini semakin lengkap dengan adanya perahu tempel. speed boot, dan perahu tradisional yang disediakan oleh nelayan yang bisa digunakan untuk menelusuri muara sungai Bodo. Kondisi air sungai Bodo yang tenang, rimbunan pohon payau di tepian sungai, serta lebatnya hutan jati, tentu saja akan menjadi pemandangan yang indah dan mempesona bagi wisatawan yang hendak wisata, plesiran, piknik, explore, tour, darmawisata atau karyawisata ke Kebumen.

Arah jalan atau jalur untuk menuju ke lokasi pantai Ayah (Logending) cukup mudah yaitu jika dari arah Yogyakarta (arah timur) maka wisatawan cukup menempuh jalur selatan ke arah Gombong kemudian belok ke selatan ke arah kecamatan Ayah. Atau jika dari arah barat yaitu dari Purwokerto, maka tinggal ke timur menuju Gombong sampai pada gapura wisata di kanan jalan yang menunjukkan arah wisata ke Goa Jatijajar.

Wisata pantai Ayah Kebumen dapat dikatakan sebagai pantai yang terlengkap di antara pantai lain di Kebumen karena diapit oleh dua bukit jati atau hutan wisata, pantai Ayah juga menjadi lahan kehidupan bagi para nelayan untuk menambang dan menjual ikan. Hutan wisata (hutan jati) di kawasan pantai Logending memiliki ketinggian 5 meter di atas permukaan air laut, suhu berkisar antara 24 – 34 derajat celcius, dan hutan wisata di pantai Ayah ini sangat cocok untuk dijadikan lahan kemah/petualangan alam oleh wisatawan.

About The Author

Untuk bergabung dengan Group Aku Cinta Kebumen di Facebook, silahkan buka link ini => Aku Cinta Kebumen

Number of Entries : 137

Comments (6)

Leave a Comment

© 2014. Facebumen - Aku Cinta Kebumen. Supported by Tips & Trik

Scroll to top