You Are Here: Home » WISATA » ALAM » Wisata ke Waduk Wadaslintang

Wisata ke Waduk Wadaslintang

foto-waduk-wadaslintangInformasi wisata alam yang berupa waduk (bendungan) di wilayah kabupaten Kebumen bagian barat adalah waduk Sempor, di bagian timur adalah bendungan Pejengkolan, dan yang merupakan perbatasan dengan kabupaten Wonosobo adalah waduk Wadaslintang. Lokasi Waduk Wadaslintang sangat strategis karena berada di perbatasan kecamatan Padureso kabupaten Kebumen dengan  kecamatan Wadaslintang kabupaten Wonosobo. Sejarah waduk Wadaslintang dibangun pada tahun 1982 yang selesai pada tahun 1988 dengan menenggelamkan beberapa desa, dan merupakan Bendungan tertinggi di Indonesia yaitu 125 meter, dengan jangkauan daerah aliran sekitar 196 km², debit rata-rata sebesar 15 m3/detik, ang sistem pengerjaannya dengan pemadatan inti basah.

Kondisi topografi waduk Wadaslintang di bagian utara adalah daerah tangkapan air berupa perbukitan, di bagian tengah merupakan dataran rendah yang berupa perkampungan dan persawahan. Topografii bagian selatan adalah lahan pasir pantai selatan. Kondisi curah hujan di waduk Wadaslintang berkisar anrara 1800 mm – 5800 mm per tahun dengan rata-rata 3656 mm/tahun. Banyak manfaat dan fungsi waduk Wadaslintang, selain untuk menjaga ekosistem. keindahan, dan kelestarian alam sekitar, juga untuk menopang kehidupan warga di wilayah kabupaten Wonosobo dan Kebumen. Beberapa fungsi utama dari waduk Wadaslintang adalah untuk PLTA dengan produksi listrik pertahun sekitar 92.000.000 KWH, sumber irigasi untuk pertanian dan industri, mencegah banjir, perikanan, menampung air, dan objek wisata. Beberapa sungai yang menjadi penyuplai air ke waduk Wadaslintang adalah Bedegolan (kali Medono), sungai Lancar, sungai Somagede, sungai Tritis, dan Waturangkang,

Saat rekreasi atau wisata ke Waduk Wadaslintang maka kita akan menikmati pemandangan indah dan luas dari hamparan waduk dengan perbukitan dan hutan yang ada di sekelilingnya. Selain itu kita juga bisa melakukan aktivitas memancing ikan, karena waduk Wadaslintang memang dikenal sebagai waduk favorit untuk memancing. Ramainya pengunjung dan pelancong ke Wadaslintang tidak hanya pada hari Minggu atau hari libur saja, namun setiap hari bisa kita jumpai banyak pendatang yang memancing di waduk Wadaslintang, baik itu pagi, siang, sore, bahkan di malan hari. Artikel informasi wisata alam dan tempat pemancingan di waduk Wadaslintang ini dirangkum dari berbagai sumber (@denbow).

About The Author

Untuk bergabung dengan Group Aku Cinta Kebumen di Facebook, silahkan buka link ini => Aku Cinta Kebumen

Number of Entries : 137

Leave a Comment

© 2014. Facebumen - Aku Cinta Kebumen. Supported by Tips & Trik

Scroll to top