You Are Here: Home » WISATA » EDUKASI » Wisata Edukasi di Taman Kota Kebumen

Wisata Edukasi di Taman Kota Kebumen

taman-kota-sarbini-kebumenKebumen memiliki banyak lokasi dan destinasi wisata yang tersebar di berbagai wilayah dari mulai yang paling timur ke paling barat di bagian selatan Kebumen, kemudian di bagian utara, dan juga yang ada di tengah kota. Beberapa tempat wisata yang ada di Kebumen meliputi wisata pantai, wisata bahari, wisata air dan waduk, wisata pemandian, wisata bukit, wisata alam dan geologi, wisata gua, wisata curug atau air terjun, wisata arum jeram, wisata kuliner, wisata religi, wisata sejarah, wisata budaya, dan juga wisata edukasi. Salah satu tempat wisata edukasi di Kebumen dan tergolong masih baru karena pada 2016 belum berusia 5 tahun adalah Taman Kota Kebumen. Taman Kota Kebumen dikenal juga sebagai Taman HM. Sarbini yang lokasinya berada di tengah kota yaitu tepatnya di Jl. Ahmad Yani Kebumen.

Sejarah dan asul usul Taman Kota Kebumen adalah untuk menjalankan amanat dari Perintah UU Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang bagi Pemkot dan Pemda, sehingga Pemda Kebumen wajib membangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang bersih, segar, aman, nyaman, dengan letak yang strategis untuk seluruh warga Kebumen dan sekitarnya. Selain sebagai sarana RTH, dibangunnya Taman Kota Kebumen yang juga ada patung Jenderal HM. Sarbini adalah sarana untuk mengenang jasa salah satu Pahlawan Nasional asli Kebumen. Proyek pembangunan Taman Kota Kebumen menghabiskan dana dari APBD sekitar Rp 2,5 M pada lahan seluas 7.860 m², yang peresmiannya dilakukan oleh Bupati Kebumen Buyar Winarso pada 25 Mei 2012. Banyak pihak dan pejabat yang hadir pada acara peresmian Taman Kota Kebumen, antara lain ; Kapolres Kebumen, Anggota Forum Pimpinan Daerah, ahli waris Jenderal HM Sarbini, Lantas Polda Jateng, DHD 45 Jawa Tengah, DHC 45 Kebumen, serta sejumlah pejabat terkait di lingkungan Setda Kebumen.

Pembangunan Taman Sarbini ini juga dipadukan dengan konsep lalu lintas dengan wujud pembangunan Taman Lalu Lintas di area tersebut, dengan tujuan sebagai wahana wisata edukasi Kebumen untuk pembelajaran tertib lalu lintas kepada para pengunjung taman, terutama bagi anak-anak dan remaja. Fungsi dan manfaat Taman Kota Kebumen selain sebagai Ruang Terbuka Hijau, adalah sebagai sarana untuk rekreasi, sebagai sarana wisata edukasi di Taman Kota Kebumen, dan juga manfaat dari segi sosial, pendidikan lingkungan dan sejarah, ekonomi, serta fungsi estetika. Fungsi dan manfaat tersebut didukung dengan berbagai fasilitas dan tempat penunjang seperti; hotspot area, arena bermain anak, tempat terapi refleksi, taman lalu lintas, sarana usaha atau kios, dan fasilitas pendukung lainnya. (@denbow, sumber: kebumenkab.go.id)

About The Author

Untuk bergabung dengan Group Aku Cinta Kebumen di Facebook, silahkan buka link ini => Aku Cinta Kebumen

Number of Entries : 141

Leave a Comment

© 2014. Facebumen - Aku Cinta Kebumen. Supported by Tips & Trik

Scroll to top