You Are Here: Home » WISATA » BUKIT » Wisata Bukit Langit di Karanganyar Kebumen

Wisata Bukit Langit di Karanganyar Kebumen

bukit-langit-karanganyarInformasi tempat wisata alam oleh blog berita dan info wisata, budaya, serta sejarah Kebumen kali ini akan memberikan informasi tentang salah satu tempat wisata indah yang berada di Kebumen yang berupa bukit atau perbukitan. Selain tempat wisata sejarah, wisata pantai dan laut, wisata kuliner, wisata geologi, wisata religi, wisata arum jeram, wisata air, wisata burung walet, dan wisata gua, Kebumen juga mulai dikenal sebagai kota dengan tempat wisata bukit dan wisata curug atau air terjun. Dan tidak menutup kemungkinan masih banyak lagi tempat wisata tersembunyi dan berpotensi yang ada di Kebumen sebagai aset wisata daerah yang belum dikenal secara luas dan belum dikelola dengan baik oleh pemerintah melalui Dinas Pariwisata bersama dengan instansi terkait. Kawasan perbukitan di sisi utara Kebumen mulai ramai dikunjungi dan menjadi trend wisata atau destinasi wisata alternatif bagi warga Kebumen maupun wisatawan dan turis yang datang dari luar kota Kebumen.

Perbukitan di kawasan utara kabupaten Kebumen yang juga dikenal sebagai kawasan Pete Sewu (Petai Sewu), pada 2016 dirasa akan semakin dikenal dan dikunjungi sebagai lokasi wisata alam Kebumen yang indah, eksotis, segar, dan tentu saja cukup menantang jalan untuk menuju bukit tersebut. Beberapa tempat atau kawasan wisata bukit yang ada di Kebumen antara lain Bukit Petulu Indah (BPI) di Karangsambung, Bukit Pranji di desa Watulawang dan Pengaringan (kecamatan Pejagoan), Bukit Langit di kecamatan Karanganyar, Bukit Kedoya di Sempor, dan beberapa bukit indah yang lain. Wisata Bukit Langit di Karanganyar Kebumen ini diharapkan untuk bisa menjadi salah satu aset wisata resmi yang dikelola oleh dinas terkait, sehingga akan semakin berpotensi sebagai tujuan wisata bukit di Kebumen, Jawa Tengah. Kurang tahu dengan pasti tentang awal mula atau sejarah dan asal usul mengapa dinamakan dengan Bukit Langit, mungkin saja karena bukit ini memang terhampar cukup luas dan cukup tinggi, sehingga dengan mudah kita untuk melihat pemandangan indah yang ada di bawah, di sekeliling, dan di atas yang berupa hamparan langit yang membentang.

Alamat dan lokasi Bukit Langit Kebumen terletak di Dusun Kembangabang, Desa Giripurno, Kecamatan Karanganyar, Kebumen. Pada tahun 2015, Bukit Langit mulai banyak dikunjungi wisatawan atau pelancong yang sebagian besar merupakan warga dari perbatasan kecamatan Karanggayam, Karanganyar, Sruweng, dan sekitarnya yang gemar fotografi, berpetualang, camping, refreshing, outbound, dan tentu saja untuk mereka yang suka tadabur alam. Ketinggian Bukit Langit adalah sekitar 360 meter di atas permukaan air laut (mdpl), sehingga kita bisa melihat pemandangan indah desa dan kota yang ada di bawah, menyaksikan perbukitan lain di sekeliling arah mata angin, dan di atas yang berupa hamparan langit. Di sisi utara, kita bisa melihat hamparan / landscape Pegunungan Serayu Selatan, di sisi timur kita  melihat keindahan Bukit Butak, Bukit Condong, dan Bukit Padureksa. Kondisi tanah dan teksture Bukit Langit yang cukup lebar dan datar sehingga sangat cocok digunakan untuk berkemah atau mendirikan tenda dan menyiapkan alat fotografi maupun video shooting untuk memotret dan merekam objek pemandangan alam yang indah dari atas bukit. Jika di pagi hari kita akan bisa menyaksikan terbit matahari, menikmati segarnya embun, sejuknya kabut dan udara pagi, serta pemandangan alam yang indah lainnya.

Sebagian dari komunitas fotografi Kebumen, pecinta alam, komunitas peduli lingkungan dan penggiat wisata yang ada di Kebumen bersama masyarakat sekitar merupakan pihak yang berjasa untuk mengenalkan, promo wisata, dan menyebarluaskan informasi tentang keindahan Bukit Langit di Karanganyar ini. Kepedulian yang lain juga dilakukan dengan membuat papan petunjuk atau plang arah /peta /denah menuju lokasi pendakian Bukit Langit yang terpasang di beberapa titik untuk sampai ke lokasi wisata Bukit Langit. Jalur atau rute jalan menuju Bukit Langit adalah berangkat dari alun-alun Karanganyar ke timur sampai ketemu simpang lima Desa Candi, kemudian mengambil jalur tengah atau menuju ke utara sampai  ketemu Tugu Canonade. Lalu terus ke arah utara hingga sampai di pertigaaan, kemudian ambil jalur ke kanan. Ikuti arah jalan tersebut sampai di SD 3 Giripurno, lalu mengarah ke timur untuk sampai di gardu dusun Kembangabang. Dari gerdu dusun Kambangabang ini kita harus mendaki ke arah utara untuk bisa sampai ke tempat wisata Bukit Langit di Karanganyar Kebumen, dengan jarak yang cukup terjangkau. Keindahan Bukit Langit di Karanganyar, termasuk keindahan untuk menyaksikan sunrise, dan pemandangan alam dari atas bukit akan semakin terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan, jika informasi dan promosinya juga melalui siaran dan liputan televisi. Apalagi jika ada liputan Bukit Langit oleh stasiun TV Nasional seperti RCTI, SCTV, Indosiar, MetroTV, KompasTV, TVOne, GlobalTV, NET, TVRI, dan lain-lain, tentu menjadikan Bukit Langit akan semakin dikenal secara luas. Pemda Kebumen, instansi terkait, dan warga sekitar juga harus memperbaiki dan memaksimalkan fungsi dari sarana dan prasarana jalan, juga lingkungan yang bersih untuk menuju lokasi wisata Bukti Langit. (dari berbagai sumber, @denbow).

About The Author

Untuk bergabung dengan Group Aku Cinta Kebumen di Facebook, silahkan buka link ini => Aku Cinta Kebumen

Number of Entries : 137

Comments (6)

Leave a Comment

© 2014. Facebumen - Aku Cinta Kebumen. Supported by Tips & Trik

Scroll to top