You Are Here: Home » BUDAYA » Ritual Mengunduh Sarang Burung Walet

Ritual Mengunduh Sarang Burung Walet

panen-sarang-burung-waletKabupaten Kebumen selain dikenal dengan beragam info tempat wisata pantai, wisata goa, objek wisata air terjun atau curug, wisata batu, wisata reptil, wisata air, wisata bahari Kebumen, wisata religi (ziarah ke makam wali, ulama, kyai, adipati, tokoh sejarah dan sesepuh, seperti ke makam Mbah Lancing, makam syeh Maulana Nurul Dzuhur di Entak Ambal, makam syeh Kahfi, makam Sabdaguna, petilasan Joko Sangkrip, makam di Bulupitu, dll), aneka kuliner, aneka adat & budaya, tempat wisata arum jeram di Pejengkolan, wisata Kebumen kota, dan tempat wisata alam yang lain, termasuk obyek wisata Kebumen yang masih tersembunyi, juga dikenal sebagai daerah yang menghasilkan produk sarang burung walet (lawet).

Banyaknya potensi burung walet di pantai selatan Kebumen, sehingga gambar burung walet dijadikan sebagai ikon kota Kebumen dengan didirikannya tugu lawet di tengah kota Kebumen. Tempat penghasil sarang burung walet yang paling terkenal di Kebumen adalah di pesisir laut atau pantai Karangbolong (goa walet). Lokasi atau denah atau letak laut Karangbolong ada di kecamatan Buayan yaitu di sebelah selatan kota Gombong yang jaraknya kurang lebih sejauh 18 km. Sedangkan letak sarang burung walet ini ada di lubang-lubang pada goa atau dinding karang (gua breksi) yang ada di bibir laut Karangbolong. Explore Kebumen pada proses pengambilan atau panen sarang burung lawet merupakan pengalaman yang menegangkan, meskipun kita hanya melihat dan mengabadikan sebagai foto wisata maupun video wisata saja, karena memang penuh tantangan, rintangan, dan butuh keberanian tingkat tinggi bagi mereka para pengambil sarang burung lawet untuk merambat di dinding karang dengan medan yang terjal, licin, terpaan angin laut yang kencang, serta deburan ombak yang besar di bawahnya.

Kita tidak bisa setiap saat melihat prosesi panen sarang burung walet, karena kegiatan memetik atau cara memanen sarang burung walet di pantai Karangbolong hanya dilakukan 4 kali dalam setahun (mangsa Kaloro, Kapapat, Kapitu, dan Kasongo). Begitu banyak manfaat sarang burung walet untuk pengobatan dan kesehatan, baik untuk janin dan ibu hamil, untuk bayi, balita, anak-anak, remaja, dewasa, maupun untuk para usia lanjut. Sehingga harga sarang burung walet Kebumen pun cenderung selalu mahal dan selalu laris diperjualbelikan untuk kebutuhan produk obat, jamu, suplemen, konsumsi, dan kosmetik. Iler atau air liur burung walet yang ada di sarang burung walet itulah yang dimanfaatkan untuk kebutuhan kesehatan, konsumsi (sup sarang burung walet), dan kosmetik, karena mengandung banyak nutrisi, glikoprotein, kolagen alami, dan zat lain yang dibutuhkan tubuh kita.

Ritual mengunduh sarang burung walet di Karangbolong, kabupaten Kebumen merupakan syarat atau rangkaian ritual yang harus dilakukan sebelum kegiatan panen sarang burung walet dilaksanakan. Selain karena merupakan warisan budaya atau adat istiadat dan mitos sejak jaman dulu, ritual mengunduh sarang burung walet ini juga sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan sang penguasa alam. Sedangkan dalam kacamata mitos yang merupakan tradisi sudah turun-temurun dilakukan, bahwa upacara mengunduh sarang burung walet ini bertujuan untuk memohon izin/restu kepada penguasa laut selatan yaitu Nyi Roro Kidul (Ratu Kidul) agar mendapatkan perlindungan keselamatan serta hasil panen sarang walet yang melimpah.

Tradisi ngunduh sarang burung walet di Karangbolong ini terdiri dari ritual masang janur, slametan, masang krathilan, larung sesaji ke laut Karangbolong, pertunjukan wayang kulit, kethoprak, kuda lumping, dan juga tayuban. Fungsi ritual ngunduh sarang burung Walet bagi masyarakat sekitar meliputi fungsi religi, fungsi sosial budaya, fungsi ekonomi, fungsi pengembangan wisata alam dan pantai, serta fungsi pendidikan. Sedangkan makna simbolik yang terkandung dalam upacara ngunduh sarang burung walet adalah sebagai wujud kebersamaan, gotong royong, penghormatan, permohonan, dan rejeki yang melimpah. (@denbow)

 

About The Author

Untuk bergabung dengan Group Aku Cinta Kebumen di Facebook, silahkan buka link ini => Aku Cinta Kebumen

Number of Entries : 137

Comments (6)

Leave a Comment

© 2014. Facebumen - Aku Cinta Kebumen. Supported by Tips & Trik

Scroll to top