You Are Here: Home » OBAT TRADISIONAL » Ragam Khasiat Daun Kelor

Ragam Khasiat Daun Kelor

Tanaman obat yang akhir-akhir ini semakin trend, hitz, terkenal, dan menjadi berita viral di banyak media massa maupun media sosial adalah pohon kelor. Kelor menjadi sangat populer dan semakin banyak jenis olahan, ekstrak, kapsul herbal, maupun bentuk obat tetes yang diproduksi karena memang begitu banyak ragam khasiat daun kelor untuk kesehatan, kecantikan, pengobatan, dan menjaga daya tahan tubuh. Studi ilmiah untuk kandungan daun kelor pernah dilakukan yang diujicobakan pada hewan oleh “Journal of Medicinal Food” dimana akhirnya menyimpulkan bahwa kandungan daun kelor bermanfaat untuk mencegah kerusakan jantung serta khasiat untuk antioksidan. Pada penelitian kandungan daun kelor tersebut menerangkan bahwa konsumsi 200 miligram per kilogram berat tubuh setiap hari selama sebulan, akan memberikan efek untuk lebih melindungi jaringan jantung dari kerusakan struktural.

Tanaman herbal alami yang paling hits saat ini yang mana dalam bahasa Jawa bahwa daun kelor disebut dengan nama godhong kelor memiliki banyak manfaat dan khasiat, baik digunakan untuk bayi, balita, anak-anak, remaja, dewasa, maupun untuk orang lanjut usia, uang tenut saja idsesaukan dengan kadar konsumsi masing-masing. Cara mengolah daun kelor juga kian beragam dimana tidak hanya sekedar dibuat sebagai obat maupun suplemen kesehatan, karena aneka olahan daun kelor bisa dibuat lebih variasi dan enak. Dimana juga untuk efek samping daun kelor tidaklah berbahaya.

Ragam olahan daun kelor untuk konsumsi sebagai makanan, minuman, maupun cemilan sehat, bisa berupa stick daun kelor, seduhan teh daun kelor, jus daun kelor, puding daun kelor, gula kelor, dan sebagainya sampai dalam bentuk olahan permen kelor, dawet kelor, dan lain-lain. Selain bermanfaat untuk kesehatan, kecantikan, dan daya tahan tubuh manusia, daun kelor juga bermanfat untuk nutrisi atau tambahan makanan bagi ternak, seperti ayam, bebek, maupun jenis perikanan lokal. Sementara dari sisi pohon tentu saja pohon kelor sangat bagus digunakan sebagai sarana penghijauan dan keindahan lingkungan, kemudian biji dari kelor juga berkhasiat untuk menjernihkan sumber air atau sumur. Selain itu pada sebagian mitos masyarakat bahwa daun kelor juga masih dimanfaatkan secara magis atau supranatural. Pemanfaatan daun kelor untuk fungsi klenik ini dalam bentuk sebagai sarana untuk tolak bala, mengusir makhluk halus, ghaib, jin, hantu, atau setan, melenyapkan susuk, menyembuhkan kesurupan, melawan gangguan santet, dan teluh.

Manfaat daun kelor untuk kesehatan sangat kompleks dan beragam dari mulai jenis sakit luar yang ringan sampai untuk terapi penyembuhan pada jenis penyakit dalam yang cukup parah seperti kanker, tumor, dan sejenisnya. Beberapa khasiat dan manfaat daun kelor untuk tubuh manusia, antara lain :
– manfaat daun kelor untuk kanker
– khasiat daun kelor untuk kolesterol
– manfaat daun kelor bagi kecantikan
– manfaat daun kelor untuk ibu hamil
– khasiat daun kelor untuk asam urat
– manfaat daun kelor untuk mata
– khasiat daun kelor untuk kolesterol dan stroke
– manfaat daun kelor untuk menghilangkan racun
– khasiat daun kelor untuk jantung
– manfaat daun kelor untuk rematik
– khasiat daun kelor untuk penyakit kuning
– manfaat daun kelor untuk menyembuhkan ginjal
– khasiat daun kelor untuk sakit mata
– manfaat daun kelor untuk cacingan
– khasiat daun kelor untuk keindahan rambut
– manfaat daun kelor untuk diet
– khasiat daun kelor untuk kesehatan kulit

About The Author

Untuk bergabung dengan Group Aku Cinta Kebumen di Facebook, silahkan buka link ini => Aku Cinta Kebumen

Number of Entries : 147

Comments (2)

  • Yon Yono

    Artikel yg menarik & jg cukup bagus 🙂

    O’ya, kira2 untuk memasarkan godhong kelor Sdr. Admin punya link pengepul atau apa saja yg mau membeli apa tdk?
    Terimakasih..

    Reply
    • admin

      Utk memasarkan kelor saya tidak mempunyai channel. Coba Mas Yon bs hubungi ke toko obat atau apotek terdekat yg menjual olahan dan ektrak daun kelor.

      Reply

Leave a Comment

© 2014. Facebumen - Aku Cinta Kebumen. Supported by Tips & Trik

Scroll to top