You Are Here: Home » SASTRA » PUISI » Puisi Cinta Dalam Bahasa Jawa

Puisi Cinta Dalam Bahasa Jawa

foto-gambar-cintaCerita cinta dan asmara tak akan habis untuk dituangkan dalam sebuah tulisan, tak akan cukup untuk dinyanyikan dalam sebuah lagu dan kidung, serta tak akan selesai saat hendak diwujudkan dalam sebuah karya lukisan. Gambaran cinta, asmara, dan kasih sayang begitu luas untuk diuraikan, begitu dalam ketika diduga-duga, dan begitu indah ketika dirasakan oleh mereka yang bisa merasakannya, bisa dengan cara sederhana dan bahkan dengan cara yang sangat rumit, bahkan seringkali cinta memang tidak bisa diterima oleh logika semata.

Dengan kekuatan cinta seorang hamba sahaya bisa akan terus bertahan menjalani hari-harinya yang mungkin hina di pandangan kebanyakan orang. Karena kekuatan cinta, seorang raja bisa semakin arif dan bijaksana dalam memimpin pemerintahan demi kesejahteraan rakyatnya. Karena kegagalan cinta seorang durjana akan rela meneteskan air mata karena kesedihan dan penderitaan yang begitu dalam dirasakannya. Dan karena kekuatan cinta, seseorang akan rela bertahan dalam kesendirian yang berkepanjangan, meskipun cinta yang dijaganya itu tak akan mungkin dia raih kembali dalam kenyataan. Cinta bisa dikatakan juga sebagai sebuah ketulusan, dan juga sebuah keegoisan, rasa yang subyektif, pemikiran obyektif, dan juga gabungan dari semua itu.

Puisi cinta yang dalam bahasa Jawa biasa disebut juga sebagai syair tresna, sementara untuk lagu cinta dalam bahasa Jawa biasa disebut sebagai tembang asmara (tembang asmoro) ataupun kidung tresna (kidung tresno). Berikut ini contoh puisi cinta dalam bahasa Jawa yang menggambarkan perasaan seseorang yang sedang kasmaran atau sedang diliputi rasa cinta.

Syair Tresna
suaramu merdune kaya buluh perindu
tambah elok menawa dicampur esem lan gemuyumu
tambah endah menawa digawa nembang
nembang asmara kanggo ngisi kosonge ruang atiku
esem mu sing manis ora digawe-gawe
ngrasuk mlebu lan ngelus-ngelus sanubariku
arep tak ukir kanti tatah sing landhep
lan tak pasang kanti paku asmara ana sakjroning dadaku

ayumu lan polah tingkahmu sing merak ati
andhap asor lan budi pekertimu sing edi peni
ora bakal bisa ditukar karo banda dunya sing tak duweni
ora bakal bisa nyingkirake rasa tresna sing nang ati iki

esem mu sing manis ora digawe-gawe
ngrasuk mlebu lan ngelus-ngelus sanubariku
aku trima menawa kudu sesandingan karo sliramu
aku rila menawa kudu ngancani sliramu saklawase
(@denbow)

About The Author

Untuk bergabung dengan Group Aku Cinta Kebumen di Facebook, silahkan buka link ini => Aku Cinta Kebumen

Number of Entries : 141

Leave a Comment

© 2014. Facebumen - Aku Cinta Kebumen. Supported by Tips & Trik

Scroll to top