You Are Here: Home » INSTANSI » Pendaftaran SIM Online Kebumen

Pendaftaran SIM Online Kebumen

kantor-satlantas-kebumenKesadaran warga Kebumen dalam berkendara dan berlalulintas di jalan raya dengan menggunakan sepeda motor maupun mobil bisa dikatakan semakin meningkat dari tahun ke tahun. Kesadaran tersebut bisa dilihat dari perilaku santun dan tertib di jalan raya, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, penurunan jumlah kecelakaan, mengenakan helm dan sabuk pengaman, kelengkapan kendaraan, serta surat-surat kendaraan seperti SIM dan STNK. Peningkatan kesadaran masyarakat Kebumen dalam berlalulintas juga bisa dilihat dari antusiasme dan antrian dalam memperpanjang SIM maupun membuat SIM baru di Kantor Satlantas Kebumen, juga dalam membayar pajak kendaraan di Kantor SAMSAT Kebumen. Antusiasme warga dalam membuat SIM baru mendapatkan perhatian khusus dari Polres melalui SatLantas Kebumen dengan layanan yang semakin memberikan kemudahan, kepastian waktu, dan kecepatan dalam prosesnya.

Program yang dilakukan oleh Polres melalui Satlantas Kebumen dalam hal untuk meningkatkan layanan terhadap masyarakat adalah dengan mengenalkan sistem Pendaftaran SIM Online dan sistem Booking Pendaftaran Ujian SIM lewat SMS. Informasi untuk sistem pendaftaran SIM Online Kebumen sementara ini baru bisa melayani untuk keperluan perpanjangan SIM saja dan belum bisa untuk proses penerbitan atau pembuatan SIM baru. Khusus pendaftaran untuk pembuatan SIM baru, Satlantas Kebumen mengenalkan sistem online via SMS, yaitu pendaftaran bagi para pemohon SIM baru melalui SMS jadi tanpa perlu mengantri di loket pendaftaran SIM di kantor Satlantas Kebumen. Program Booking Pendaftaran Ujian SIM via SMS ini sangat berguna dan memudahkan bagi para warga yang tidak mau repot mengantri di loket, bagi warga yang rumahnya jauh dari kota, dan bagi warga yang sibuk, karena dengan program ini para pemohon SIM bisa menentukan sendiri kapan hari dan tanggal (kepastian waktu) untuk mengikuti ujian pembuatan SIM.

Cara atau prosedur pembuatan SIM lewat SMS adalah warga sebagai pemohon SIM mendaftar lebih dulu sebelum mengikuti ujian SIM tertulis dan praktek dengan menentukan waktunya seperti jam, hari dan tanggal, kemudian bisa dikirim melalui SMS, telepon, atau via pesan Whatsapp ke nomor HP 082313277711. Agar kepastian waktu untuk ujian SIM bisa disesuaikan dengan keinginan, maka sebaiknya para pemohon SIM melakukan booking pendaftaran via SMS seminggu sebelumnya. Pendaftaran Ujian SIM via SMS ini dilayani setiap hari mulai pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB. Pesan SMS maupun Whatsapp yang dikirimkan nantinya akan mendapatkan balasan dari operator yang berisi nomor pendaftaran dan waktu ujian SIM, baik ujian tulis maupun ujian praktek. Apabila slot atau hari yang Anda inginkan sudah penuh, maka nanti Ada sebagai pemohon SIM baru akan mendapatkan jadwal di hari yang lain. Untuk saat ini Satlantas Kebumen dalam sehari bisa melayani kuota pendaftaran untuk ujian SIM tertulis dan praktek adalah 120 untuk pemohon SIM C, dan untuk SIM A sebanyak 30 orang. Jika para pemohon SIM baru sudah mendapatkan kepastian waktu tentang jadwal atau hari dan tanggal ujian pembuatan SIM, maka saat datang harus membawa berkas lengkap yang berisi surat untuk syarat-syarat membuat SIM.

Bagi Anda yang hendak membuat SIM baru, berikut ini syarat-syaratnya :
– Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan Dokter
– Usia sekurang-kurangnya 17 tahun
– Membayar formulir di BII/BRI
– Mengisi formulir permohonan SIM
– Dapat menulis dan membaca huruf latin
– Melampirkan foto copy KTP
– Memiliki pengetahuan yang cukup mengenai lalu-lintas jalan dan memiliki ketrampilan mengemudikan kendaraan bermotor
– Lulus ujian teori dan praktek (simulator maupun lapangan)
(@denbow, sumber : Satlantas Kebumen)

About The Author

Untuk bergabung dengan Group Aku Cinta Kebumen di Facebook, silahkan buka link ini => Aku Cinta Kebumen

Number of Entries : 141

Leave a Comment

© 2014. Facebumen - Aku Cinta Kebumen. Supported by Tips & Trik

Scroll to top