You Are Here: Home » SEJARAH » Panti Asuhan Hj. Alfiatun Ihsan Kebumen

Panti Asuhan Hj. Alfiatun Ihsan Kebumen

panti-asuhan-kebumenInformasi budaya, tempat wisata, dan sejarah Kebumen kali ini akan menyampaikan tentang profil dan sejarah panti asuhan Putri Hj. Alfiatun Ihsan. Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah Hj. Alfiatun Ihsan merupakan wakaf dari warga Aisyiyah yang meninggal dunia di tanah suci Mekkah ketika menunaikan ibadah haji tahun 2000, beliau bernama ibu Hj. Alfiatun Ihsan. Wakaf tersebut berupa tanah dan bangunan seluas 231 m² yang alamatnya berlokasi di Jl. Pemuda No. 106 Kebumen telepon (0287) 381139, yang mana mulai dihuni pada tanggal 1 Juli 2000, dan kemudian diresmikan sebagai Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah pada tanggal 28 Oktober 2000.

Panti Asuhan Yatim Putri Hj. Alfiatun Ihsan merupakan salah satu lembaga penyelenggaraan Usaha Kesejahteraan Sekolah (UKS) yang menampung dan mengelola anak-anak penyandang masalah sosial, antara lain ; anak yatim, anak piatu, anak yatim piatu, dan anak dhuafa. Lembaga sosial tersebut dimaksudkan untuk memberikan pelayanan serta perlindungan bagi anak-anak penyandang masalah sosial agar dapat memperoleh kehidupan beserta fasilitas yang layak, antara lain pendidikan formal, pendidikan non formal (ketrampilan), keagamaan (spiritual), tempat tinggal, serta makanan yang bergizi seimbang supaya anak-anak tersebut setelah keluar dari panti asuhan mampu untuk hidup mandiri serta mampu mengatasi masa depannya dengan baik. Untuk merealisasikan rencana tersebut, maka semua anak asuh mendapat pendidikan formal di sekolah dari tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA), dan bagi beberapa anak yang berprestasi diberi kesempatan untuk melanjutkan sekolah di Perguruan Tinggi. Selain itu, di dalam asrama anak-anak juga mendapat bimbingan agama melalui materi yang diberikan oleh ustadzah serta dilaksanakan setiap hari di bawah pengawasan oleh seorang pengasuh.

Untuk menggali potensi, bakat, dan minat anak asuh, pengurus panti juga memberikan bermacam ketrampilan, antara lain :
1. menjahit baju, jilbab, dan mukena
2. menghias hantaran mahar dan parcel Lebaran
3. memasak makanan dan membuat kue
4. usaha toko alat tulis

Alhamdulillah, sampai saat ini hasil ketrampilan yang diajarkan kepada anak asuh dapat direalisasikan dengan menerima pesanan sncak, hantaran mahar, jahit baju jilbab dan mukena, serta membuka toko. Semua itu bertujuan untuk mematangkan ketrampilan anak sekaligus bisa menambah pemasukan dana.

Pada 2014 panti asuhan Hj. Alfiatun Ihsan Kebumen sudah berusia 14 tahun dan sudah banyak mengalami kemajuan baik secara fisik maupun non fisik. Untuk meningkatkan pelayanan dan fasilitas anak asuh, maka pengelola membeli tanah beserta bangunan yang terletak di sebelah utara panti asuhan, di Jalan Pemuda Kebumen. Adapun rencana selanjutnya, pihak pengasuh berniat untuk merenovasi gedung tersebut agar dapat digunakan untuk kegiatan anak asuh dan untuk menempatkan peralatan yang dimiliki panti asuhan. Pada 2014 jumlah anak asuh yang ada di Panti Asuhan Yatim (PAY) Putri Hj. Alfiatun Ihsan Kebumen berjumlah 30 orang. Sebagai pengurus, Panti Asuhan Hj. Alfiatun Ihsan ini dipimpin oleh Ketua Umum yaitu Ibu Hj. Budi Lestari yang dibantu oleh sekretaris, bendahara, dan seterusnya, sedangkan sebagai Pembina adalah Bapak H Langka Pudjowiseso, dan Ibu Dra. Hj. Surtinah.

Demikian informasi Kebumen tentang profil dan sejarah Panti Asuhan Yatim (PAY) Putri Hj. Alfiatun Ihsan Kebumen, semoga bermanfaat. (/denbow)

About The Author

Untuk bergabung dengan Group Aku Cinta Kebumen di Facebook, silahkan buka link ini => Aku Cinta Kebumen

Number of Entries : 141

Leave a Comment

© 2014. Facebumen - Aku Cinta Kebumen. Supported by Tips & Trik

Scroll to top