You Are Here: Home » WISATA » PANTAI » Pantai Suwuk Kebumen

Pantai Suwuk Kebumen

pantai-Suwuk-PuringTempat wisata atau obyek wisata alam dan destinasi wisata yang ada di Kebumen antara lain wisata goa, wisata curug atau air terjun, pemandian air hangat, taman reptil, taman kupu-kupu, wisata bukit untuk perkemahan dan camping, wisata geologi, dan sangat didominasi oleh wisata pantai selatan atau pesona dari wisata laut selatan di sepanjang wilayah selatan kabupaten Kebumen, dari yang paling barat seperti pantai Ayah & Karangbolong, pantai Pasir, pantai Petanahan, pantai batu karang di Jetis, pantai Pecaron, pantai Bopong, sampai ke yang paling timur yaitu pantai Lembupurwo dan pantai Rowo di kecamatan Mirit. Salah satu obyek wisata pantai yang indah dan cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan di kawasan selatan Jawa Tengah, tepatnya yang ada di wilayah kabupaten Kebumen adalah Pantai Suwuk Kebumen. Alamat laut Suwuk atau lokasi pantai Suwuk berada di Desa Tambakmulyo, kecamatan Puring, kabupaten Kebumen.

gapura-pantai-suwukArah jalan atau jalur untuk menuju ke lokasi pantai Suwuk (Suwuk Beach) cukup strategis karena memiliki banyak jalur alternatif yang bisa digunakan. Jalur ke pantai Suwuk yang bisa ditempuh jika dari arah Gombong, maka dibutuhkan waktu sekitar 45 menit (perjalanan normal tanpa macet) ke arah selatan kurang lebih 22 km. Jika menuju pantai Suwuk dari arah kota Kebumen, maka dibutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk bisa sampai ke lokasi laut Suwuk, dimana letak pantai Suwuk masih membutuhkan waktu 30 menit dari kecamatan Puring, dengan jarak sekitar 50 km dari kota Kebumen. Arah jalan menuju pantai Suwuk jika di tempuh dari arah timur adalah dengan melalui jalur lintas selatan atau jalan Daendels dari arah Yogyakarta, Bantul, Purworejo, Ketawang, Mirit, Ambal, dan Bocor, yaitu dengan arah jalan lurus ke barat menuju ke Pantai Suwuk.

pesona-pantai-suwuk-kebumenExplore Kebumen untuk keindahan dan pesona di pantai Suwuk sebagai salah satu tempat wisata Kebumen yang indah pada dasarnya tidak berbeda jauh dengan wisata laut dan wisata pantai yang ada di Kebumen, selain gelombang laut yang besar dan aura mistis selalu ada di sepanjang pantai selatan Kebumen. Namun ada beberapa fasilitas wisata dan zona hiburan di pantai Suwuk yang berbeda dengan pantai lainnya. Pesona secara umum, keindahan laut Suwuk dipadu dengan pemandangan pegunungan kapur yang hijau dan indah yang memanjang dari utara sampai selatan. Bukit kapur di pantai Suwuk ini berbatasan dengan pegunungan dan Pantai Karangbolong. Untuk wisata di wilayah Karangbolong, seain keindahan pantainya kita juga bisa menyaksikan atau view dan explore Karangbolong dengan menyaksikan prosesi upacara mengunduh sarang burung walet dan juga aksi petualangan para pemetik sarang burung walet.

Seperti halnya fasilitas wisata di pantai Petanahan, di pantai Suwuk juga terdapat kuda dan jokinya yang siap untuk disewa dan mengantarkan Anda menyisiri pasir dan keindahan pantai Suwuk yang bisa sambil diabadikan sendiri dengan foto maupun video shooting. Secara khusus, gapura selamat datang pantai Suwuk yang cukup megah, fasilitas hiburan saat wisata di pantai Suwuk yang membedakan dengan pantai lain di Kebumen adalah adanya arena bermain yang berupa pesawat dari bekas badan pesawat Garuda Boeing 737 tahun 2000 dan helikopter heli C100 tahun 1987 yang didesain untuk arena hiburan, sebagai lokasi untuk foto selfie, foto bersama, maupun untuk rekam video sebagai dokumentasi wisata. (kebumenkab.go.id)

wahana-pesawat-pantai-suwukSelain wahana pesawat di pantai Suwuk juga terdapat fasilitas ibadah berupa masjid, sarana untuk mandi, toilet, serta terdapat banyak warung yang menyediakan aksesoris khas Kebumen seperti batu akik Kebumen, juga hiasan/aksesoris dari biji Jenitri Kebumen, dan lain-lain. Selain itu, juga terdapat banyak warung yang menyediakan jajanan dan makanan kuliner khas Kebumen, seperti pecel dan lontong, kacang goreng, es degan ijo, sate ayam, legen, cemilan lanting & selai pisang, peyek udang, peyek gesek, peyek ubur-ubur (peyek yutuk) dan berbagai jenis kuliner khas Kebumen lainnya. Demikian informasi dan berita wisata Kebumen dari blog wisata Kebumen tentang keindahan dan pesona pantai Suwuk Kebumen. (@denbow)

About The Author

Untuk bergabung dengan Group Aku Cinta Kebumen di Facebook, silahkan buka link ini => Aku Cinta Kebumen

Number of Entries : 141

Comments (7)

  • Yon Sumaryono

    Obyek Wisata lainnya yg ada di KeBuMen publish semua Boss, termasuk yg baru. Hehee..

    Pentulu Indah mungkin, terus Embung yg ada di Wonosari – Sadang dan juga yang berada di Cangkring – Sadang. Kalau Jembangan belum, boleh tuh. Hahaa..

    Salam kenal Mas DenBow…

    🙂

    Reply

Leave a Comment

© 2014. Facebumen - Aku Cinta Kebumen. Supported by Tips & Trik

Scroll to top