You Are Here: Home » WISATA » PANTAI » Pantai Lampon, Pantai Romantis di Kebumen

Pantai Lampon, Pantai Romantis di Kebumen

Tempat wisata indah di Kebumen memang cukup banyak dan terkenal di berbagai wilayah se nusantara, dan bahkan ada yang sudah dieknal di luar negeri. Dominasi tempat wisata menarik di Kebumen memang berupa pantai atau laut yang tersebar sepanjang pesisir selatan Kebumen dari pantai di ujung barat sampai ke ujung paling timur wilayah kabupaten Kebumen. Sudah cukup banyak, paling tidak ada 8 pantai terkenal dan populer di Kebumen yang keindahan dan pesonanya sudah diakui oleh banyak masyarakat, dan sampai di Nopember 2017 juga terus bertambah destinasi wisata baru di Kebumen, termasuk yang berupa pantai baru. Pantai baru disini adalah pantai indah di Kebumen yang sebelumnya belum dikenal luas oleh wisatawan, atau memang sebelumnya merupakan pantai tersembunyi di Kebumen. Karena upaya masyarakat sekitar bersama pemerintah dan instansi terkait, maka kemudian dilakukan eksplorasi, penataan, dan dibuatkan jalan atau rute untuk bisa lebih mudah perjalanan menuju ke lokasi pantai tersebut.

Tujuan wisata ke pantai indah di Kebumen bisa dilakukan kapan saja, seperti pada akhir pekan atau hari Minggu, terlebih lagi pada hari libur tahun baru maupun saat musim liburan panjang dan musim Lebaran di setiap tahunnya. Tidak hanya menampilkan keindahan pantai khas di Kebumen yang memang memiliki ombak besar dan gelombang tinggi, namun juga adanya pemandangan nan indah, eksotik, dan nuansa romantis yang disajikan di sekitarnya. Tak hanya itu, pantai di Kebumen juga ada beberapa yang memiliki pasir berwarna putih, kemudian ada juga pantai yang didekatnya terdapat bukit purba, pantai yang menjadi pusat pelelangan ikan, pantai dengan aktivitas mengunduh sarang burung lawet, pantai dengan hiasan pohon cemara dan laguna yang indah, pantai yang menyajikan kejernihan warna air hijau kebiruan yang menawan, pantai yang masih alami dan perawan, dan sebagainya.

Wisata atau plesiran maupun piknik ke pantai indah di Kebumen sangat cocok untuk tujuan dari mulai refreshing atau rekreasi, fotografi, foto prewedding, rekam video keindahan alam, berolahraga, berpetualang, dan sebagainya sampai juga untuk mereka yang hobi memancing di laut. Untuk wisatawan yang sangat hobi berpetualang, bisa mengunjungi salah satu pantai indah di Kebumen dan juga masih termasuk pantai terbaru di Kebumen yaitu pantai Lampon. Pantai Lampon, pantai romantis di Kebumen, karena pesona yang disajikan sangat alami dan cantik, dimana kejernihan air laut dan lokasi pantai yang dikelilingi banyak tumbuhan rindang, serta letaknya yang cukup terpencil. Lokasi Pantai Lampon ada di desa Pasir, kecamatan Ayah, kabupaten Kebumen, yang berada di sebelah barat daya kota Kebumen dengan jarak 38 km. Pesona pantai Lampon ini lokasinya juga bersebelahan dengan pantai Pasir yang juga merupakan lokasi wisata pantai yang cukup indah di kecamatan Ayah.

Pantai Lampon termasuk salah satu pantai rahasia di Kebumen yang menyajikan keindahan dan pesona alam luar biasa, karena posisi pantai Lampon yang tertutup dengan perbukitan, diapit oleh dua tempat wisata berupa pantai Pasir dan pantai Karang Pengantin, serta suasana aktivitas para nelayan yang sibuk di pantai Pasir. Lokasi pantai Lampon berada tepat di teluk sempit yang berada di selatan Perbukitan Kawasan Karst Gombong Selatan (KKGS). Pantai Lampon dikatakan sebagai pantai romantis karena selain keindahan dan pesona alam pantai Lampon yang masih natural, serta tempatnya yang tersembunyi, juga karena ukuran pantai yang  kecil, dimana panjang garis pantai Lampon hanya sekitar 100 meter dan tidak begitu lebar.

Kondisi alam pantai Lampon, sebagai salah satu keindahan pantai dengan air laut berwarna hijau kebiruan di Kebumen, memiliki pasir berwarna kecoklatan yang bersih, yang dibatasi dengan tebing karang yang cukup tinggi di sisi timur dan barat pantai. Selain dihiasi dengan pohon kelapa, pepohonan hijau nan subur juga tumbuh berundak mengelilingi Pantai Lampon sampai ke puncak perbukitan.
Rute atau arah perjalanan menuju ke pantai Lampon Kebumen :
– dari kota Kebumen, perjalanan ditempuh dengan menuju arah ke pantai Petanahan
– terus lanjut ke arah pantai Suwuk, lalu teruskan ke arah pantai Karangbolong
– teruskan perjalanan sampai menuju ke arah pantai Ayah
– kemudian ikut jalur untuk sampai ke pantai Pasir
– setelah sampai di TPI Pasir, kecamatan Ayah
– ajak penduduk setempat yang sudah paham dengan lokasi pantai Lampon, sebagai guide atau pemandu
– berjalan kaki ke arah barat untuk menelurusi bukit (trekking)
– setelah pantai terlihat dari bukit, maka turuni bukit untuk sampai ke pantai Lampon

About The Author

Untuk bergabung dengan Group Aku Cinta Kebumen di Facebook, silahkan buka link ini => Aku Cinta Kebumen

Number of Entries : 141

Leave a Comment

© 2014. Facebumen - Aku Cinta Kebumen. Supported by Tips & Trik

Scroll to top