You Are Here: Home » USAHA & BISNIS » PAMERAN - EXPO » Pameran Batik Pegon Kebumen

Pameran Batik Pegon Kebumen

Indonesia merupakan negara yang memeliki warisan budaya begitu banyak sejak jaman dulu, dimana ragam bentuk dari warisan budaya adiluhung dan juga nilai-nilai luhur tersebut masih banyak yang bertahan dan dilestarikan hingga sekarang. Salah satu wujud dari hasil karya seni yang menjadikan kekayaan bangsa Indonesia dan sudah diakui oleh dunia adalah batik. Sehingga sudah sepantasnya keberadaan batik sebagai kekayaan dan aset bangsa ini selalu diapresiasi dan diperingati pada setiap tanggal 2 Oktober yaitu sebagai Hari Batik Nasional. Riwayat atau sejarah hari batik nasional ini diawali sejak penetapan batik oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009.

Batik di Indonesia sangat beragam yang dibuat pada kain atau material lain, dari mulai motif batik, model batik, dan corak batik yang disesuaikan dengan karakteristik dan nilai budaya tiap-tiap daerah yang membuat dan mengembangkan seni batik. Tidak hanya bertahan paada karya batik klasik atau batik tradisional, namun pada perkembangannya juga tidak sedikit yang membuat jenis batik modern atau batik kekinian. Kebumen merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang juga memiliki jenis batik tersendiri atau corak batik khas Kebumen. Salah satu motif batik Kebumen yang sudah cukup terkenal di masyarakat adalah model Pegon atau batik Pegon Kebumen.

Dikutip dari batikpegon.com, bahwa dalam rangka ikut memeriahkan Hari Batik Nasional 2018 dan memperingati Hari Santri 2018, Rumah Inklusif Kebumen sebagai tempat belajar membatik dan pengembang karya batik Pegon mengadakan even menarik berupa Apresisai dan Pameran Batik Pegon Kebumen. Untuk diketahui bahwa Rumah Inklusif  sebagian besar beranggotakan orang tua dari anak-anak berkebutuhan khusus atau anak difabel. Dimana belajar membatik tersebut awalnya hanya sebagai kegiatan untuk mengisi waktu, di sela-sela mengurus anak. Dalam perkembangannya, ternyata banyak dari mereka yang merasakan nilai lebih atau manfaat dari belajar membatik. dimana belajar membatik juga bisa menjadi sarana terapi untuk anak-anak difabel.

Sejarah asal usul atau riwayat batik Pegon karya Rumah Inklusif ini dalam perjalanannya, ada beberapa dari mereka yang terus belajar membatik dengan tekun dan semangat, sehingga bisa menghasilkan ragam model  atau motif batik. Dan corak Pegon adalah motif batik yang paling banyak dihasilkan atau dibuat dibanding dengan motif batik lainnya. Sehingga pada akhirnya, batik Pegon dijadikan sebagai brand batik Rumah Inklusif, atau bisa disebut juga sebagai Batik Pegon Inklusif. Sampai di 2018 hasil karya batik Rumah Inklusif ini sudah menghasilkan 15 edisi Batik Pegon Inklusif.

Informasi tentang Apreasi dan Pameran Batik Pegon 2018 :

  • jadwal Pameran Batik 2018 ini : tanggal 12 sampai 23 Oktober 2018
  • lokasi Pameran Batik Pegon Inklusif : di Joglo Inklusif (Joglo Pesantren Inklusif), alamat Desa Kembaran Gg. Fajar, RT 01/RW 01, kecamatan Kebumen, kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Arah tepat lokasi Rumah Inklusif Kebumen adalah 300 meter di sebelah timur Polres Kebumen.
  • acara yang diadakan selama pameran, meliputi : workshop membatik, Batik Pegon show, malam sastra Inklusif, kirab santri, dan Inklusif bersholawat.
  • menonton pameran tidak dikenakan biaya alias gratis, dan Anda bisa membeli batik Pegon di tempat pameran

About The Author

Untuk bergabung dengan Group Aku Cinta Kebumen di Facebook, silahkan buka link ini => Aku Cinta Kebumen

Number of Entries : 160

Leave a Comment

© 2014. Facebumen - Aku Cinta Kebumen. Supported by Tips & Trik

Scroll to top