You Are Here: Home » INSTANSI » Operasi Simpatik 2017 Polres Kebumen

Operasi Simpatik 2017 Polres Kebumen

Dalam rangka upaya untuk meningkatkan kesadaran masyaralat dalam tertib lalu lintas di jalan raya serta dengan tujuan untuk menekan jumlah kecelakaan, jajaran Kepolisian RI dan jajaran di bawahnya yaitu di wilayah Polda dan Polres seluruh Indonesia kembali melaksanakan operasi lalu lintas berupa Operasi Simpatik 2017. Jadwal Operasi Simpatik 2017 dilaksanakan selama 21 hari yang dmulai pada tanggal 1 Maret sampai dengan 21 Maret 2017, yang otomatis juga dilaksanakan di wilayah Polda Jateng dan Polres Kebumen. Secara umum bahwa Operasi Simpatik ini maksud dan tujuannya hampir sama dengan Operasi lau lintas yang lain, seperti Operasi Zebra, Operasi Lilin, Operasi Ketupat, maupun Operasi Patuh yaitu untuk tertib bekendara dan berlalu lintas di jalan raya agar dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Mengapa disebut atau dinamakan dengan Operasi Simpatik, karena dilakukan oleh petugas Polri (dalam hal ini Polisi Lalu Lintas atau Polantas) dengan cara dan sikap yang benar-benar simpati (simpatik), dan tidak terlalu mengedepankan sikap refresif atau penindakan hukum.

Operasi Simpatik 2017 dilakukan dengan cara simpatik, untuk menarik simpati masyarakat pada Polisi (dalam hal ini Polisi Lalu Lintas) daripada mengedepankan tindakan hukum terhadap pelanggaran Lalu Lintas. Sehingga apabila warga atau masyarakat sudah simpati, diharapkan akan sangat mudah bagi Polisi untuk menggugah kesadaran masyarakat dalam hal menjaga ketertiban, terutama saat menggunakan jalan raya. Jadi apabila ada warga atau masyarakat yang terkena Operasi Simpatik 2017 karena melanggar, maka sanksinya bukan berupa tindakan tilang atau membayar denda tilang, namun berupa teguran dan himbauan agar pelanggar tidak mengulangi lagi di kemudian hari. Dikutip dari www.tribratanews-polreskebumen.com, bahwa untuk wilayah Polres Kebumen, Operasi Simpatik 2017 ini diberi nama sandi sebagai Operasi Simpatik Candi Tahun 2017, yang dalam pelaksanaan operasi dengan melibatkan beberapa instansi dan dinas terkait di Kebumen, seperti dari Kodim Kebumen, Dishub Kebumen, dan Satpol PP. Sasaran Operasi Simpatik 2017 Polres Kebumen selain untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya, juga upaya untuk Dikmas (pendidikan masyarakat) dan Binluh (pembinaan dan penyuluhan) agar warga semakin sadar dan tertib berlalu lintas.

Sebagaimana diketahui bahwa dengan Operasi Simpatik di tahun 2016 lalu telah berhasil menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya di seluruh Indonesia bisa menurun hingga 11 persen, sehingga pada tahun 2017 akan bisa semakin turun. Pelaksanaan Operasi Simpatik di Kebumen 2017 ini, meskipun lebih mengutamakan pendekatan dengan melakukan Binluh dan Dikmas terhadap para warga masyarakat sebagai pengguna jalan raya, namun pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara motor, bentor, tosa, maupun mobil tetap akan dilakukan penindakan hukum atau sanksi berupa denda tilang sesuai dengan peraturan hukum (UU Lalu Lintas) yang berlaku. Pada Operasi Simpatik 2017 ini, Polres Kebumen melibatkan sekitar 53 personel kepolisian dengan melibatkan instansi terkait, karena target operasi dalam Operasi Simpatik ini adalah di daerah atau kawasan tertib lalulintas (KTL) wilayah kabupaten Kebumen.

About The Author

Untuk bergabung dengan Group Aku Cinta Kebumen di Facebook, silahkan buka link ini => Aku Cinta Kebumen

Number of Entries : 141

Comments (1)

Leave a Comment

© 2014. Facebumen - Aku Cinta Kebumen. Supported by Tips & Trik

Scroll to top