You Are Here: Home » INSTANSI » Operasi Ketupat Candi 2018 Di Kebumen

Operasi Ketupat Candi 2018 Di Kebumen

Musim mudik Lebaran 2018 telah tiba dimana sarana dan prasana angkutan umum baik yang berada di laut, udara dan darat telah dipersiapkan. Selain dari sarana angkutan mudik Idul Fitri 1439 H yang telah siap dan juga sudah mulai digunakan mulai minggu kedua Juni 2018, sistem keamanan yang salah satunya dilaksanakan oleh para petugas kepolisian juga sudah disiapsiagakan. Operasi Candi 2018 adalah wujud operasi lalu lintas dan angkutan di jalan raya yang bertujuan untuk ketertiban dan kelancaran berlalulintas serta arus mudik  Lebaran 2018. Operasi Ketupat 2018 secara serentak dilaksanakan pada wilayah hukum Polres, Polrestabes, Polda di seluruh Indonesia, termasuk di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Operasi Ketupat Candi 2018 merupakan nama Operasi Ketupat di wilayah Polda Jateng yang juga dilaksanakan di semua wilayah Polres dan Porestabes se-propinsi Jawa Tengah, termasuk di kabupaten Kebumen.

Jadwal razia kendaraan bermotor, seperti motor. mobil, bus, truk, angkutan umum, dan kendaraan bermotor jenis lain yang menggunakan jalan raya pada musim mudik 2018 ini dilaksanakan pada tangal 7 Juni sampai 25 Juni 2018.  Khusus pelaksanaan Operasi Ketupat Candi 2018 di Kebumen juga memanfaatkan sarana teknologi aplikasi smartphone masa kini yaitu Waze. Seperti dikutip dari situs detik.com, bahwa semua personel aparat Polres Kebumen yang bertugas pada Operasi Ketupat Candi 2018 diwajibkan untuk menggunakan aplikasi navigasi, yaitu aplikasi Waze. Tujuan dari penggunaan aplikasi Waze ini adalah untuk mempermudah aparat Polres dalam mengetahui titik lokasi kemacetan, juga untuk membantu pemudik mencari jalur alternatif yang tercepat, saat terjebak macet.

Penggunaan aplikasi Wzze pada Operasi Ketupat Candi 2018 di Kebumen diharapkan bisa untuk memonitor secara langsung dan real time kondisi arus lalu lintas jalur mudik yang melintasi wilayah kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Aplikasi Waze yang terpasang di setiap smartphone para petugas kepolisian ini nantinya juga menjadi acuan untuk mengurangi simpul kemacetan, selain dari pemantauan petugas langsung di lapangan. Selain itu penggunaan aplikasi Waze juga bermanfaat bagi para pemudik atau pengguna jalan raya untuk memberikan informasi atau laporan ke dalam peta, sehingga bisa berguna pada pengendara lainnya. Sebagai contoh, di lokasi A terdapat kemacetan dan Anda ingin berbagi info macet dengan sesama pemudik, maka Anda bisa langsung melakukan pelaporan di aplikasi Waze melalui menu Report lalu pilih Police, kemudian masukkan informasinya.

Pemakaian aplikasi Waze tentang kondisi lalu lintas di jalur mudik juga bisa dengan cara meng-upload sebagai data pelengkap dar kondisi lalu linats yang sedang terjadi. Setelah laporan valid terkirim, maka seluruh penudik yang menggunakan aplikasi Waze dapat melihat informasi tersebut. Sehingga para user smartphone  yang menginstal dan sedang akses Waze dapat memantau semua laporan dan informasi yang terkirim. Dari data informasi yang di-share melalui aplikasi Waze, maka para pemudik dapat mengetahui kondisi lalu lintas update di jalur atau lokasi yang akan, sedang, maupun telah dilewati.

Sebagai catatan penting, meskipun pada pemudik bisa mengetahui kondisi lalu lintas update melalui aplikasi Waze, namun sebaiknya pemudik tetap melakukan koordinasi dengan petugas di lapangan, agar bisa mendapatkan jalur alternatif terbaik saat terjebak kemacetan di jalur mudik 2018. Pada Operasi Ketupat 2018 di wilayah hukum Polres Kebumen melibatkan 564 personel yang dibantu oleh 100 petugas dari TNI, Dishub, serta para relawan yang dibentuk dalam satgas dan penempatan Pospam serta Subpospam. Dimana untuk Pospam Pengamanan Lebaran 2018, Polres Kebumen menyiapkan 12 Pospam dan 9 Subpospam.

About The Author

Untuk bergabung dengan Group Aku Cinta Kebumen di Facebook, silahkan buka link ini => Aku Cinta Kebumen

Number of Entries : 170

Comments (1)

Leave a Comment

© 2014. Facebumen - Aku Cinta Kebumen. Supported by Tips & Trik

Scroll to top