You Are Here: Home » SEJARAH » Mengenal Ratih TV, Televisinya Kebumen

Mengenal Ratih TV, Televisinya Kebumen

Kabupaten Kebumen sudah sejak lama dikenal orang sebagai wilayah kabupaten yang begitu banyak memiliki pesona keindahan berupa tempat wisata laut atau lokasi wisata bahari, yang tersebar dari pantai di ujung paling barat yang berbatasan dengan kabupaten Banyumas, sampai pantao di ujung paling timur yang berbatasan dengan kabupaten Purworejo. Selain wisata pantai, Kebumen juga dikenal dengan tempat wisata goa, penghasil sarang burung walet, pemandian air panas, wisata waduk, wisata geologi, wisata bukit, wisata bendungan, wisata sejarah, dan juga tempat wisata religi. Bahkan di 2017 semakin banyak obyek wisata berupa air terjun atau curug yang terus bermunculan dan dikenalkan oleh warga desa atau penduduk di sekitar lokasi curug. Sementara itu sebagai salah satu sarana untuk mempromosikan potensi wisata, menyampaikan informasi program Pemda Kebumen, dan liputan atau berita tentang segala aspek kehidupan yang ada di kabupaten Kebumen, sudah sejak tahun 2004 di Kebumen memiliki stasiun televisi yang bernama Ratih TV.

Seperti yang dikutip dari situs ratihtelevisi.com, bahwa awal mula atau pertama kalinya secara perdana Siaran RatihTV pada tanggal 27 Oktober 2003 yang waktu itu menggunakan salah satu ruangan di kantor Radio IN FM yang beralamat di Jalan Kutoarjo No 6 Kebumen. Siaran RatihTV di lokasi Radio In FM Kebumen tersebut hampir setahun yaitu sampai pada bulan September 2004. Dimana pada 23 Agustus 2004 Koperasi Duta Wicara selaku penanggungjawab RatihTV Kebumen mendapatkan izin siaran percobaan televisi lokal dan secara resmi memperoleh alokasi channel 51 UHF dengan daya pancar 1.000 watt. Dan melalui PP Nomor 11 tahun 2005 tentang Penyelenggaraan Penyiaran Lembaga Penyiaran Publik, maka Ratih TV Kebumen yang bersatus sebagai milik Pemda Kabupaten Kebumen telah menjadi Lembaga Penyiaran Publik Lokal. Kemudian diterbitkanlah Peraturan Bupati Nomor 14 tahun 2006 tentang Pendirian Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Lokal Televisi Kabupaten Kebumen. Kemudian proses selanjutnya dikuatkan dengan Peraturan Daerah (Perda) No. 11 Tahun 2009 tanggal 18 Nopember 2009 tentang Pendirian LLP Lokal TV Kabupaten Kebumen, yaitu RatihTV.

Sejarah RatihTV Kebumen sebagai tivine wong Kebumen atau Kebumen On TV diawali dari keinginan Bupati Kebumen tahun 2003 (Dra. HJ. Rustriningsih, M.si) untuk mewujudkan good governance di kabupaten Kebumen. Dimana salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan membuat kemudahan bagi warga Kebumen untuk menyampaikan aspirasi, usul, maupun unek-unek kepada pemerintah. Sarana yang dianggap paling tepat untuk hal tersebut adalah melalui media siaran berupa televisi. Berlatarbelakang dari keinginan tersebut, Bupati Kebumen mengadakan pertemuan dan konsultasi dengan pakar pertelevisian Indonesia, yaitu Wisnu Hadi (Dirut SCTV)  dan Ken T Sudarto (Chairman Matari Advertising). Kemudian secara resmi berdirinya Ratih TV Kebumen ditandai dengan penandatanganan naskah kesepakatan bersama pada tanggal 12 Mei 2003 antara Pemkab Kebumen dan SCTV. Acara tersebut diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarno Putri yang mana beliaulah yang memberi nama Ratih TV Kebumen. Nama RatihTV merupakan singkatan dari “dara putih” yaitu merpati yang merupakan burung pembawa pesan dan warna putih sebagai simbol kebenaran, suci, dan dipercaya. Dan sebagai informasi bahwa keberadaan Ratih TV waktu itu merupakan lembaga penyiaran publik lokal pertama di Jawa Tengah dan DIY.

Slogan RatihTV Kebumen adalah lebih dekat lebih hangat, sementara untuk visi RatihTV adalah menjadi media tranparansi informasi dan partisipasi publik. Untuk lebih mengenal Ratih TV, televisinya Kebumen, Anda perlu menonton siaran dan program acaranya setiap hari tentang berita dan informasi Kebumen, info tempat wisata, kuliner, budaya Kebumen, hiburan atau dagelan ngapak, dan lain-lain, bisa melalui channel UHF maupun melalui media streaming RatihTV online di http://ratihtelevisi.com. Pancaran sinyal atau jangkauan siaran RatihTV Kebumen melalu channel UHF sudah bisa diakses oleh sebagian besar warga masyarakat di wilayah kabupaten Kebumen, dan juga warga masyarakat di luar Kebumen, seperti di Cilacap, Banyumas, Banjarnegara, Purbalingga, Wonosobo, Purworejo, dan sekitarnya. Apabila melalui jalur streaming online, siaran ratih TV Kebumen bisa diakses, dibuka, dan ditonton dari mana saja, baik di dalam negeri maupun dari luar negeri, dengan menggunakan smartphone, tablet PC, laptop, maupun komputer yang bisa terhubung ke internet.

About The Author

Untuk bergabung dengan Group Aku Cinta Kebumen di Facebook, silahkan buka link ini => Aku Cinta Kebumen

Number of Entries : 137

Leave a Comment

© 2014. Facebumen - Aku Cinta Kebumen. Supported by Tips & Trik

Scroll to top