You Are Here: Home » OBAT TRADISIONAL » Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Sakit adalah hal yang lumrah dialami oleh setiap makhluk hidup, tidak hanya manusia dan binatang, namun juga tanaman atau tumbuhan juga mengalami yang namanya terkena penyakit, masa tua, dan juga kematian. Sebagai manusia yang hidup di jaman sekarang dimana kondisi kesehatan tetap rentan terkena gangguan tidak hanya karena faktor cuaca yang terkadang tidak menentu, namun juga sangat dipengaruhi oleh pola makan tidak teratur, kesibukan yang berlebihan, stress tinggi, kebiasaan begadang, asupan gizi yang tidak seimbang, dan lain-lain. Di 2017 ini dimana begitu banyak suplemen dan obat yang digunakan untuk mempertahankan stamina dan kesehatan tubuh juga kecantikan, termasuk teknologi untuk mengobati sakit dengan cara cepat dan canggih. Namun tidak sedikit juga di jaman modern ini yang justru begitu giat dalam menjaga kesehatan dan mengobati sakit dengan memanfaatkan tanaman herbal, ramuan rempah-rempah, minum jamu, serta cara pengobatan tradisional atau penyembuhan alternatif seperti bekam, pijat refleksi, tusuk jarum (akupunktur), terapi sengat lebah, penyembuhan sedot lintah, terapi sinar matahari, dan lainnya.

Trend kembali ke alam atau back to nature semakin banyak dilakukan oleh masyarakat dalam rangka menjaga kesehatan tubuh, kecantikan, diet sampai pada penyembuhan terhadap suatu penyakit dengan relatif murah dan minim efek samping. Trend penyembuhan dengan sarana obat herbal atau alami ini tidak hanya berlaku untuk para lanjut usia dan dewasa, namun juga untuk anak-anak, balita bahkan bayi. Solusi dan cara yang dilakukan untuk memanfaatkan khasiat ramuan herbal alami adalah dengan cara meminum obat herbal baik berupa kapsul atau tablet dari hasil ekstrak, maupun dengan meminum rebusan daun, kulit buah, kulit kayu, tumbukan biji, atau juga akar-akaran dari tanaman obat. Di sekitar urmah kita begitu banyak jenis tanaman herbal murah namun sangat bermanfaat dan berkhasiat untuk menjaga kesehatan dan mengobati aneka macam penyakit. Kita juga menyadarinya, namun terkadang kita kurang yakin dengan fungsi atau khasiatnya dan tidak sedikit juga yang merasa repot dengan cara meramunya untuk bisa dikonsumsi sebagai suplemen atau obat mujarab. Kegunaan jeruk nipis bagi kesehatan tidak hanya dari air dan buahya saja, namun juga untuk kulit, daun, dan juga akar pohon jeruk nipis.

Salah satu jenis tanaman herbal murah dan mempunyai banyak manfaat, serta mudah untuk ditanam di kebun atau halaman rumah adalah jeruk nipis. Jeruk nipis atau Citrus aurantifolia di daerah Kabupaten Kebumen dan sekitarnya biasa disebut juga dengan nama jeruk warangan atau jeruk pecel, sitrun, lemon, atau juga jeruk purut, tergantung dari jenis buahnya. Seperti dikutip dari laman kompas.com, bahwa jeruk nipis mempumyai banyak khasiat dan manfaat tidak hanya untuk kesehatan tubuh, kecantikan, penyedap masakan dan untuk minuman, namun juga manjur untuk membersihkan karat atau kotoran pada perkakas rumah tangga. Sebagai tanaman herbal alami, manfaat jeruk nipis  berkhasiat sebagai obat batuk (jeruk plus kecap), menghilangkan sumbatan vital energi, peluruh kencing (diuretik) dan keringat, peluruh dahak (mukolitik), serta mampu membantu proses pencernaan. Kandungan jeruk nipis asli warna hijau antara lain berupa minyak terbang limonene dan linalool, flavonoid, rhoifolin, poncirin, hesperidine, dan naringin. Sementara kandungan jeruk nipis matang (warna kuning) yaitu synephrine dan N-methyltyramine, besi, asam sitrat, kalsium, fosfor, vitamin A, B1, dan C. Manfaat asam sitrat jeruk nipis mampu untuk mencegah kekambuhan bagi pasien pasca operasi batu ginjal.

Khasiat atau manfaat air jeruk nipis begitu banyak bagi kesehatan, baik untuk mencegah penyakit, menjaga kebugaran dan stamina tubuh, menjaga kesehatan rambut, merawat kecantikan kulit, sampai untuk mengobati bermacam penyakit yang menyerang tubuh manusia. Kegunaan jeruk nipis tersebut tentu saja akan bisa dicapai dengan maksimal apabila kita mengkonsumsi air jeruk nipis dengan porsi atau takaran dan tambahan yang tepat misalnya dicampur madu, konsumsi teratur, serta paham cara pengolahannya. Beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh antara lain :
– manfaat jeruk nipis untuk wajah, manfaat jeruk nipis untuk rambut
– manfaat jeruk nipis untuk diet, manfaat jeruk nipis untuk jerawat
– khasiat jeruk nipis untuk kecantikan, manfaat jeruk nipis untuk maag
– manfaat jeruk nipis untuk kulit, manfaat jeruk nipis untuk bibir
– khasiat jeruk nipis untuk ibu hamil, manfaat jeruk nipis untuk ketiak
– manfaat jeruk nipis untuk batuk, manfaat jeruk nipis asam lambung
– manfaat jeruk nipis untuk melebatkan rambut, menyembuhkan vertigo
– khasiat jeruk nipis untuk radang tenggorkan dan menghentikan kecanduan merokok
– manfaat jeruk nipis untuk pagal linu, sakit gigi, dan demam
– khasiat jeruk nipis stamina, mengurangi bau badan, dan diet
– manfaat jeruk nipis untuk mengatasi jerawat, flu, difteri, dan anyang-anyangen
– manfaat jeruk nipis untuk batu ginjal, amandel, dan haid tidak teratur

About The Author

Untuk bergabung dengan Group Aku Cinta Kebumen di Facebook, silahkan buka link ini => Aku Cinta Kebumen

Number of Entries : 141

Leave a Comment

© 2014. Facebumen - Aku Cinta Kebumen. Supported by Tips & Trik

Scroll to top