You Are Here: Home » OBAT TRADISIONAL » Manfaat daun dan buah Kersen untuk kesehatan

Manfaat daun dan buah Kersen untuk kesehatan

manfaat-buah-karsenInformasi seputar Kebumen pada artikel kali ini adalah tentang penggunaan tumbuhan atau tanaman yang dimanfaatkan sebagai sarana untuk pengobatan maupun untuk pencegahan terhadap serangan penyakit. Tren pengobatan alternatif dengan menggunakan tanaman dan tumbuhan masih tetap bertahan sampai sekarang, mengingat semakin banyak berita dan informasi medis yang berkembang dan dengan mudah untuk bisa diakses melalui banyak media, termasuk melalui informasi di internet dan media sosial. Bermacam jenis bagian dari tumbuhan atau tanaman yang bisa digunakan sebagai obat maupun suplemen kesehatan, baik dengan cara dimakan langsung, ditumbuk, diparut, dioles, dijemur, direndam, melalui proses dimasak, direbus, diramu, diseduh dengan air hangat, disangrai, maupun harus melalui proses ekstrak modern dengan mesin atau proses secara kimiawi.

Banyak jenis tanaman yang bagian dari tanaman tesebut bisa dimanfaatkan sebagai obat atau supplemen kesehatan harga murah atau bahkan gratis, karena bisa dengan mudah diperoleh di kebun atau di pekarangan rumah. Bagian tumbuhan yang bisa dimanfaatkan untuk obat atau untuk penyembuhan alternatif yang murah, antara lain kulit pohon, daun, akar, bunga, buah, kulit buah, maupun biji buah. Sedangkan jenis tanaman herbal murah yang bisa dengan mudah ditemukan atau ditanam di kebuh rumah sebagai apotik hidup, antara lain seperti ; jenis tanaman rempah-rempah (jahe, kunir, kencur, temulawak, dll), jenis rumput untuk obat (sambiloto, teki, dst), jenis tanaman buah untuk obat (cimplukan, karsen, jambu, pepaya, sirsak, jeruk nipis, dst), jenis ilalang dan tanaman merambat (cincau, sirih, dst), jenis tanaman bunga untuk obat (mahkota dewa, kumis kucing, dll), jenis sayuran untuk obat (suring, kemangi, bawang), dan sebagainya.

Semua jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal murah yang disampaikan tersebut sampai saat ini masih banyak dijumpai di wilayah Indonesia, termasuk untuk wilayah kabupaten Kebumen. Salah satu jenis tanaman atau pohon yang daun dan buahnya sedang nge-trend dan diburu oleh masyarakat untuk dikonsumsi sebagai obat dan diyakini mempunyai khasiat untuk mencegah bermacam penyakit, mengobati sakit, dan merawat kecantikan kulit dan wajah (sebagai suplemen) adalah buah Kersen atau Karsen atau Cherry atau Talok. Pohon Karsen saat ini masih banyak dan mudah ditemukan di kebun, di pekarangan atau bahkan di pinggir jalan di wilayah Kebumen, termasuk di daerah kecamatan Prembun. Cara menanam pohon Kersen pun sangat mudah dan cepat tumbuh atau berkembang serta umur yang panjang, terutama jika kita menanam pohon karsen dengan mengambil atau memindah thukulan kersen yang tumbuh dari akar pohon kersen yang sudah ada. Berikut ini info tentang beberapa manfaat daun dan buah Kersen untuk kesehatan yang diambil dari berbagai sumber.

Manfaat daun Karsen untuk kesehatan dan cara meramu atau menggunakannya :
Obat anti hipertensi (darah tinggi)
Cara mengolah daun kersen untuk hipertensi ; petik daun kersen secukupnya, cuci sampai bersih, lalu jemur daun kersen sampai kering. Setelah kering, gunakan daun karsen yang sudah kering itu sebagai pengganti minum teh, yang diseduh dengan air panas tanpa ditambah gula, kemudian diaduk hingga airnya kemerahan seperti teh. Diminum 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas.
Khasiat daun karsen untuk obat diabetes
Dengan minum rebusan daun kersen dapat menurunkan kadar gula pada penderita diabetes, sebab daun karsen  mengandung senyawa kimia flavonoid dan saponin yang berfungsi sebagai antioksidan untuk sekresi hormone insulin yang bekerja untuk metabolisme gula.
Cara meramu daun kersen untuk obat diabetes : petik 100 gram daun kersen, lalu cuci hingga bersih, kemudian rebus dengan 1 liter air, dan biarkan sampai airnya tersisa setengahnya. Minumlah 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

Manfaat daun Cherry untuk anti kolesterol
Untuk mencegah atau mengobati kolesterol, kita bisa membuat ramuan daun karsen dengan cara merebus segenggam daun kersen yang segar dicampur dengan 3 gelas air. Biarkan air rebusan daun kersen itu sampai mendidih dan biarkan sampai airnya tersisa satu gelas, lalu minum secara teratur 3 kali sehari (jadi sehari 3x merebus). Selain bermanfaat sebagai obat atau ramuan herbal untuk menyembuhkan penyakit di atas, rebusan daun karsen juga berkhasiat untuk melindungi fungsi otot jantung, anti inflamasi, menurunkan demam dan radang, anti tumor, serta sebagai penyembuh luka atau Antiseptik. Khasiat daun karsen sebagai antiseptik karena mengandung senyawa tannin, saponin, dan flavonoid yang dapat membunuh mikroba bakteri, seperti K. Rhizophil, S. Aureus, C. Diptheriae, P. Vulgaris, dan S. Epidemidis. Sementara manfaat atau khasiat buah karsen untuk kesehatan adalah sebagai pelengkap kebutuhan vitamin C pada tubuh, dan juga untuk mencegah gejala demam, menstabilkan kolesterol, serta mencegah sariawan dan gusi berdarah.

About The Author

Untuk bergabung dengan Group Aku Cinta Kebumen di Facebook, silahkan buka link ini => Aku Cinta Kebumen

Number of Entries : 141

Comments (2)

Leave a Comment

© 2014. Facebumen - Aku Cinta Kebumen. Supported by Tips & Trik

Scroll to top