You Are Here: Home » WISATA » KULINER » Makanan Khas Kebumen

Makanan Khas Kebumen

sate-ambal-kebumenInformasi kuliner atau makanan khas Kebumen sebagai salah satu kekayaan kuliner Indonesia. Jika Anda sedang merencanakan liburan akhir tahun bersama keluarga, tidak ada salahnya anda mencantumkan Kota Kebumen – Jawa Tengah sebagai salah satu tujuan liburan Anda kali ini. Kota berjarak kurang lebih 120 Km ke barat dari Jogjakarta dapat di tempuh kira-kira selama 2,5 jam. Banyak Tempat wisata yang menjadi andalan kota Kebumen. Selain Pantainya yang cantik dengan bermacam-macam kekhasannya, ada juga Objek Wisata Sejarah, Sentra Batik Tulis asli Kebumen, Cagar Alam Nasional Geowisata Karangsambung yang mendunia, Wisata Waduk, Wisata Pemandian Air Panas Krakal. Dan yang paling tidak boleh terlewatkan adalah Wisata Kuliner atau makanan khas Kebumen yang sangat menggiurkan untuk dicoba. Nah, kali ini saya ingin mengajak Anda untuk mengenal aneka kuliner dan makanan khas Kebumen yang wajib Anda ketahui.

sate_ambal1. Sate Ambal (Sate Ayam)
Satu yang menjadi alasan kenapa Sate Ayam Ambal sangat terkenal dan menjadi favorit kuliner khas Kebumen, adalah terletak pada sambalnya yang unik dan hanya ada di Kebumen. Kalau sate yang biasa Anda santap hanya sambal kacang atau sambal kecap, Sate Ayam Ambal menyajikannya dengan sambal Tempe yang sedikit berkuah, pedas dan sedikit manis. Nah, Anda pasti tergiur untuk mencobanya, bukan?

nasi-penggel2. Nasi Penggel
Kuliner khas Kebumen yang satu ini tergolong unik dan langka. Yang unik dari makanan khas Kebumen ini adalah cara penyajiannya yang menggunakan daun pisang yang di takir (di bentuk menyerupai mangkok), Nasi putihnya dibentuk bulat kecil – seperti bola pingpong. Sedangkan lauknya yaitu sayur Lodeh Gori (nangka muda) yang dicampur kulit melinjo dan kikil sapi. Pelengkapnya tempe goreng dan kerupuk. Jika Anda ingin mencobanya, Anda bisa menemui penjual Nasi Penggel di pertigaan Jembatan Tembana (Timbangan) Kebumen.

lanting-kebumen3. Lanting
Makanan khas Kebumen Lanting, yang bentuknya seperti angka delapan ini sangat terkenal ke seluruh Nusantara karena selalu dijadikan buah tangan oleh setiap orang yang akan meninggalkan Kebumen. Panganan yang bahan dasarnya adalah singkong awalnya hanya memiliki satu macam citarasa original. Tetapi seiring waktu, para pengrajin Lanting membuat inovasi baru dengan memperbanyak varian rasa pada Lanting antara lain; Lanting Balado, Lanting Jagung Bakar, Lanting Keju, Lanting Bawang dan tentunya rasa original. Tidak sulit untuk mendapatkan Lanting khas Kebumen, karena di setiap objek wisata Kebumen yang Anda kunjungi pasti bisa Anda temukan disitu. Kerabat Anda pasti sangat senang jika anda memberinya oleh- oleh Lanting sebagai makanan khas Kebumen.

jipang-kacang4. Jipang Kacang
Jipang Kacang ini adalah makanan khas Kebumen yang manis yang merupakan perpaduan antara gula merah dan kacang tanah. Sama dengan Lanting, kuliner khas Kebumen ini mudah sekali ditemukan di berbagai tempat wisata i Kebumen. Atau bila Anda ingin membeli dalam partai besar, Anda bisa memborongnya langsung di Pasar Tumenggungan yang ada di tengah – tengah kota Kebumen.

Demikian informasi tentang makanan khas Kebumen, pada artikel yang lain akan saya sajikan jenis makanan khas Kebumen yang lainnya. (Mutia)

About The Author

Untuk bergabung dengan Group Aku Cinta Kebumen di Facebook, silahkan buka link ini => Aku Cinta Kebumen

Number of Entries : 137

Comments (14)

Leave a Comment

© 2014. Facebumen - Aku Cinta Kebumen. Supported by Tips & Trik

Scroll to top