You Are Here: Home » BUDAYA » Makam Eyang Sabdaguna

Makam Eyang Sabdaguna

makam-eyang-sabdagunaInformasi tentang Makam Eyang Sabdaguna atau komplek Stana Budha begitulah warga sekitar menyebutnya. Berada di desa Kalirancang kecamatan Alian kabupaten Kebumen. Makam ini terletak di puncak bukit yang masih dikerumuni oleh hutan hutan kecil (alas) biasa warga menyebutnya dan jauh dari pemukiman penduduk. Saya tak akan bercerita silsilah karena ada yang lebih tau asal muasal makam ini. Saya hanya sedikit berbagi kalau ada cagar budaya berupa situs makam di desa saya. Dahulu makam ini terkesan angker karena masih banyak pohon pohon besar menambah kesan angkernya. Kala itu akses menuju ke makam pun sulit selain berjalan kaki karena kendaraan belum sampai ke puncak. Kini setelah pemugaran akses jalan menuju ke atas bisa dilalui kendaraan roda empat, setelah PEMDA  KEBUMEN menetapkan sebagai salah satu cagar budaya.

Kini untuk menuju ke salah satu makam keramat di Kebumen ini bisa melalui jalan trans Kalirancang dari barat atau timur yang membelah bukit, walau belum mulus dan beraspal. Dengan rute jalan sedikit menanjak dan kanan kiri lembah menjadikan pemandangan indah jika melihat ke bawah.
Kurang lebih seratus meter di bawah komplek makam akan disajikan undakan-undakan anak tangga menuju ke atas dan pastinya harus jalan kaki untuk mencapai makam Sabda Guna. Memasuki komplek makam ada sebuah mushola di pintu masuk dan dua paviliun yang masing masing diisi oleh dua makam yang panjang dan besarnya tidak normal, bahkan melebihi makam-makam pada umumnya, sehingga tempat ini sedikit terkesan sakral dan angker.

makam_eyang_sabdagunaAda batu prasasti peresmian pemugaran makam oleh Pemkab Kebumen. Jika pandangan kita lepaskan dari area makam akan terlihat pemandangan indah sekedar buat menghilangkan rasa angkernya. Sisi timur akan terlihat jelas sekali bukit (gunung Pagerijo) menyapu ke sisi utara rumah rumah penduduk dan bukit (gunung sanggar) yang di bawah sisi utaranya ada PEMANDIAN AIR PANAS KRAKAL yang terkenal di kabupaten Kebumen dan wilayah sekitar. Kembali ke Makam Eyang Sabda Guna ini banyak dikunjungi oleh orang-orang dari luar daerah untuk meminta sesuatu, biasanya yang datang ke makam Sabdoguna (ritual sowan ke makam) adalah mereka-mereka yang menginginkan sesuatu seperti magang lurah atau punya keinginan lain dengan diantar juru kunci tentunya untuk masuk ke dalam dan melakukan ritual di makam. Di makam ini mereka biasanya akan bertapa atau semedi beberapa hari,biasanya pada bulan2 tertentu khususnya hari jum’at ramai orang yang berkunjung.

Dari mereka mereka yang pernah atau melakukan ritual di sini ada yang tercapai maksud dan keinginannya. Semua kembali pada niat tulus, jangan kita pernah mengkultuskan selain dari padaNYA, semua kita serahkan pada Gusti Allah kata warga sekitar. Kita hanya menjaga karena Makam Eyang Sabdaguna merupakan situs cagar budaya yang telah ditetapkan pemerintah daerah Kabupaten Kebumen, tidak lebih. (setra putumartha).

About The Author

Untuk bergabung dengan Group Aku Cinta Kebumen di Facebook, silahkan buka link ini => Aku Cinta Kebumen

Number of Entries : 141

Comments (10)

Leave a Comment

© 2014. Facebumen - Aku Cinta Kebumen. Supported by Tips & Trik

Scroll to top