You Are Here: Home » OBAT TRADISIONAL » Khasiat Daun Suring Untuk Kesehatan

Khasiat Daun Suring Untuk Kesehatan

daun-kenikir-atau-suringInformasi kesehatan yang termasuk dalam kategori obat herbal atau tanaman obat kali ini adalah tentang manfaat dan khasiat dari daun kenikir atau yang oleh orang Kebumen dan sekitarnya juga disebut sebagai daun suring. Daun suring atau dalam bahasa Jawa disebut godhong suring sangat mudah dijumpai di kebun atau di penjual sayur yang ada di pasar tradisional, dan seringkali juga bisa ditemukan di para penjual pecel, lotek, kluban, urap-urap atau urab. Sebagai orang Kebumen pada khususnya atau sebagai orang Jawa Tengah pada umumnya tentu saja tidak asing dengan masakan khas atau kuliner yang berupa sajian dengan menu rebusan daun dari tanaman kenikir (suring) dengan campuran bumbu kacang yang dihaluskan (uleg), maupun dengan parutan kelapa (uraban), maupun untuk dimakan langsung sebagai lalapan.

Tanaman herbal kenikir ini oleh orang Melayu dikenal sebagai sayuran raja atau ulam raja, dan oleh orang Sunda di Jawa Barat dikenal dengan nama randa midang. Secara ilmiah tanaman suring bernama Cosmos caudatus Kunth  yang merupakan spesies dari genus Cosmos yang terdiri dari 26 spesies dari keluarga Asteraceae/Compositae. Meskipun harganya murah dan mudah didapatkan, namun banyak manfaat daun suring yang selain enak untuk dijadikan menu santapan dan lalapan, juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan dan stamina tubuh, mencegah dan juga untuk mengobati bermacam penyakit. Secara tradisional, khasiat daun kenikir bisa sebagai obat herbal untuk lemah lambung, tanaman obat penambah nafsu makan, dan bisa juga digunakan sebagai pengusir serangga. Kandungan dalam daun kenikir memiliki potensi sebagai sayuran berkhasiat sebagai obat karena mampu untuk menetralisasi radikal bebas pada tubuh.

Dari hasil penelitian (Research Center-Farmasi UGM) telah menunjukkan bahwa daun kenikir atau daun suring mengandung senyawa dengan daya antioksidan yang cukup  tinggi, serta ekstrak metanolik daun suring mengandung glikosida kuersetin dan flavonoid. Manfaat daun suring untuk kesehatan salah satunya sebagai obat kanker payudara, dimana senyawa flavonoid yang ada pada daun suring/kenikir bisa menginduksi terjadinya apoptosis, yaitu kematian sel terprogram yang juga berperan penting pada proses perkembangbiakan kanker. Sedangkan kuersetin mempunyai kemampuan untuk menginduksi apoptosis sel kanker kolon dan sel kanker leukemia. Berdasarkan hal itu maka ekstrak metanolik dari daun kenikir diduga kuat bisa memacu apoptosis sel  kanker payudara. Potensi ekstrak metanolik daun kenikir tersebut kemungkinan disebabkan oleh senyawa glikosida kuersetin dan flavonoid yang terkandung di dalamnya.

Selain untuk obat kanker yang cukup manjur, khasiat daun suring juga bisa dijadikan sebagai sarana obat herbal murah untuk terapi kesehatan tubuh manusia, tentu saja dengan adonan atau takaran yang tepat dan rutin di konsumsi. Beberapa manfaat lain dari daun kenikir maupun rebusan daun suring yang di dalamnya juga mengandung unsur vitamin A, E, C, tokoferol, tolifenol, dan hidroksieugenol, adalah untuk membersihkan darah dari racun, meningkatkan sistem imun tubuh, memperkuat tulang, mengatasi lemah jantung, menjaga kesehatan kulit agar tetap segar dan terlihat awet muda. (@denbow, dari berbagai sumber).

About The Author

Untuk bergabung dengan Group Aku Cinta Kebumen di Facebook, silahkan buka link ini => Aku Cinta Kebumen

Number of Entries : 141

Leave a Comment

© 2014. Facebumen - Aku Cinta Kebumen. Supported by Tips & Trik

Scroll to top