You Are Here: Home » OBAT TRADISIONAL » Khasiat Daun Sambung Nyawa

Khasiat Daun Sambung Nyawa

Menjaga kesehatan merupakan kewajiban bagi setiap indvidu, termasuk di dalamnya adalah melakukan cara pencegahan terhadap datangnya sakit dan melakukan pengobatan atau terapi penyembuhan di saat terserang suatu penyakit. Teknologi pengobatan dan kedokteran telah berkembang pesat sampai saat ini, dimana sebentar lagi aka memasuki tahun baru 2018. Bermacam obat-obatan dari mulai yang berbentuk tablet, kapsul, puyer, sirup, hasil ekstrak, dan bahan olahan lainnya bisa dengan mudah untuk kita temukan, baik di toko obat, apotek, terlebh lagi di rumah sakit. Sebagai warga negara Indonesia, dimana merupakan negara yang terkenal akan kekayaan alam, yang salah satunya merupakan penghasil tanaman obat atau apotek hidup besar dunia, maka tak heran apabila kita bisa menemukan ragam jenis tanaman obat berkhasiat di sekitar kita. Maraknya teknik pengobatan dengan menggunakan tanaman herbal atau pengobatan alternatif back to nature, maka semakin banyak juga olahan obat herbal bermanfaat yang dijual di toko obat, supermarket, maupun di apotek.

Tren pengobatan alternatif dengan menggunakan cara penyembuhan melalui konsumsi tanaman, dari mulai bagian akar, kulit pohon, kulit buah, daging buah, biji buah, ekstrak daun, sampai untuk jenis rumput-rumputan, maka sebenarnya tak perlu bingung kita untuk mencoba pola hidup sehat dengan meramu obat tradisional secara mandiri. Salah satu jenis tanaman berkhasiat yang sangat mudah ditanam atau ditemukan di sekitar pekarangan rumah, seperti di daerah Jawa Tengah, termasuk di wilayah kabupaten Kebumen adalah tanaman berkhasiat Sambung Nyowo atau nama lainnya adalah Sambung Nyawa. Tanaman herbal sambung nyawa ini merupakan jenis tanaman pendek dengan ukuran tinggi pada kisaran 10 cm sampe 50 cm, dengan bentuk daun berwarna hijau cerah, bergerigi, cukup tipis, dan permukaan yang cukup halus. Gambaran dari bentuk daun Sambungnyawa bisa beragam karena tergantung pada kondisi tanah dan cuaca sekitar, sehingga bentuk daun bisa bulat sampai lonjong.

Untuk menanam pahon sambungnyawa ini dengan cara yang sangat mudah yaitu dengan cara stek atau memotong batang pohon yang sudah agak besar, lalu batang tersebut langsung ditancapkan ke tanah atau polybag. Ciri-ciri daun Sambung Nyawa yang lainnya adalah saat masih usia muda, batang Sambung Nyawa berwarna hijau, dan jika sudah semakin tua, maka batang Sambungnyowo akan berubah warna menjadi hijau keunguan, termasuk perubahan warna pada daunnya. Belalang merupakan hama utama yang memakan daun Sambungnyawa, namun tidak pernah habis memakan satu daun, karena belalang akan berpindah ke daun yang lain.

Khasiat daun Sambung Nyawa untuk kesehatan akhir-akhir ini semakin banyak digunakan, sebagai manfaat untuk mencegah dan mengobati beberapa penyakit. Daun tanaman ini bisa dimakan secara langsung setelah dipetik atau mentah, maupun dimakan dengan cara diseduh dengan ari minum, dimakan sebagai lalapan dengan sambal atau parutan kelapa (kluban), disayur, dibuat sop, dan sebagainya. atau dapat dikonsumsi sebagai salad, sayuran, dan lain-lain. Manfaat daun Sambung Nyawa untuk mencegah penyakit bisa dimakan secara langsung setiap hari 1 sampai 3 helai daun dengan cara langsung dikunyah. Rasa daun sambung nyawa saat dikunyah adalah pahit dan cukup getir, namun jika sudah agak lama mengunyahnya atau saat diminumi air putih, maka rasa daun sambung nyawa akan menjadi agak manis.

Efek samping daun sambung nyawa tidaklah perlu dikhawatirkan selama tidak berlebihan konsumsinya, yang sesuai takaran atau cara meramu sambung nyowo atau cara membuatnya. Efek samping daun Sambnng Nyowo jauh jika dibandingkan dengan begitu banyak khasiat daun Sambung Nyawa untuk mengobati penyakit dan menjaga kesehatan tubuh.  Beberapa manfaat daun sambung nyawa antara lain adalah :
– daun sambung nyawa untuk jantung
– mengobati sakit perut atau maag
– daun sambung nyawa untuk asam urat
– daun sambung nyawa untuk darah tinggi
– untuk mengobati rematik
– ramuan untuk mengobati penyakit kulit
– batang sambung nyowp bisa menurunkan demam
– mencegah sinusitis atau flu
– khasiat untuk penyakit ginjal,
– manfaat mengobati disentri,
– menyembuhkan sakit infeksi kerongkongan
– obat herbal untuk haid tidak teratur
– mengobati sakit ginjal
– mengobati gigitan binatang berbisa

About The Author

Untuk bergabung dengan Group Aku Cinta Kebumen di Facebook, silahkan buka link ini => Aku Cinta Kebumen

Number of Entries : 144

Comments (2)

  • Running Text

    Namanya kok baru denger ‘sambung nyowo’, tapi kok mirip dengan daun kemuning ya mas”
    From : Tomo Koeswoyo, Bandung.

    Reply
    • admin

      Sambung nyowo atau sambung nyawa praktis dalam konsumsi dan manfaat daun sambung nyowo sangat banyak, tapi mmg agak pahit rasanya. Kl daun kemuning ukuran lebih kecil, tekstur daun lebih licin, dan warna agak kekuningan, Mas.

      Reply

Leave a Comment

© 2014. Facebumen - Aku Cinta Kebumen. Supported by Tips & Trik

Scroll to top