You Are Here: Home » OBAT TRADISIONAL » Khasiat Daun Cincau Untuk Kesehatan

Khasiat Daun Cincau Untuk Kesehatan

Tanaman herbal merupakan jenis tanaman yang dimanfaatkan untuk pengobatan penyakit, proses penyembuhan atau pemulihan kesehatan, dan juga dikonsumsi demi menjaga kesehatan atau kebugaran tubuh. Banyak sekali jenis dan nama tanaman yang digunakan sebagai obat herbal atau tanaman apotek hidup. Pemanfaatan tanaman untuk obat juga banyak sekali yang bisa ditemukan tumbuh secara liar di pekarangan, kebun atau hutan di sekitar kita. Jenis tanaman herbal murah bisa berupa umbi-umbian berupa rempah-rempah, rumput, tumbuhan akar serabut, tumbuhan merambat, tumbuhan akar tunggang, tanaman bunga, dan sebaganya. Pemanfaatan tanaman untuk obat herbal sangat beragam dari mulai pemanfaatan buah, kulit buah, biji buah, daun, akar, bunga, kulit pohon, dan sebagainya. Salah satu jenis tanaman obat herba lmurah yang sangat manjur dan berkhasiat untuk kesehatan tubuh kita, baik untuk mencegah maupun mengobati penyakit adalah yang disebut tanaman cincau atau dalam bahasa Jawa, termasuk di daerah Kebumen disebut dengan Camcao atau godhong Cao. Cincau merupakan jenis tanaman obat yang sangat mudah untuk ditanam di halaman rumah dengan cara merambat atau perdu. Ada 2 jenis dari tanaman herbal ini yaitu Cincau hijau dan Cincau hitam, yang mana pemanfaatan daunnya ketika dikonsumsi untuk mencegah dan mengobati penyakit dengan cara yang sama yaitu daun direbus atau direndam pada air matang, kemudian diperas daunnya (diuleni) untuk kemudian dijadikan gel (agar-agar).

Banyak kandungan yang ada di dalam perasan daun cincau, dimana seringkali pemanfaatan untuk kesegaran tubuh, cincau setelah menjadi agar-agar diminum bersama es campur maupun sop buah. Beberapa kandungan nutrisi yang ada dalam 100 gram Cincau, antara lain :
– Energi: 122 kkal, Protein: 6 gr, Lemak 1 gr, Karbohidrat 26 gr
– Kalsium 100 mg, Fosfor 100 mg, Zat besi 3.3 mg
– Vitamin A 10.750 SI, Vitamin B1 80 mg, Vitamin C 17 mg
– Serat akanan 6.23 gr
– Senyawa isokandrodendrin
– Senyawa dimetil kurin dimetoidida
– Komponen bioaktif pembunuh sel kanker sebesar 55-90% (kanker payudara, kanker mulut rahim, kanker darah (leukemia), dan kanker paru-paru)
– Zat antioksidan, antiperadangan, dan antikanker

Selain memang segar untuk dikonsumsi, karena kandungan nutrisi Cincau yang cukup tinggi, sehingga cara mengolah daun Cincau atau ramuan daun Camcau memiliki banyak manfaat dan khasiat luar biasa bagi kesehatan tubuh dan juga bisa untuk mengobati penyakit. Beberapa khasiat daun Cincau untuk kesehatan di antaranya adalah khasiat daun cincau untuk menjaga kesehatan, khasiat daun cincau untuk ibu hamil, khasiat daun cincau untuk diabetes, khasiat daun cincau untuk maag, manfaat daun cincau untuk kecantikan, manfaat daun cincau untuk kulit, manfaat daun cincau untuk asam lambung, manfaat daun cincau untuk anak, untuk program diet dengan cincau, manfaat daun cincau bagi tubuh, dan mengobati penyakit, serta khasiat Camcao sebagai anti kanker. Sedangkan khasiat daun Cincau untuk mengobati penyakit adalah :
– sebagai obat panas, demam, dan panas dalam
– sebagai obat veetigo atau sakit kepala sebelah
– untuk obat sakit perut (mual) dan kembung
– terapi gangguan saluran pencernaan
– mengobati hipertensi atau kolesterol tinggi
– mengobati sakit maag kronis
– dapat memperlanacar sembelit

About The Author

Untuk bergabung dengan Group Aku Cinta Kebumen di Facebook, silahkan buka link ini => Aku Cinta Kebumen

Number of Entries : 141

Leave a Comment

© 2014. Facebumen - Aku Cinta Kebumen. Supported by Tips & Trik

Scroll to top