You Are Here: Home » INSTANSI » Jadwal Mobil Samsat Keliling di Kebumen

Jadwal Mobil Samsat Keliling di Kebumen

mobil-samsat-keliling-kebumenOrang bijak taat pajak adalah slogan yang sering kita dengar dan mungkin sering kita baca di berbagai media, baik di iklan layanan masyarakat, pada spanduk di pinggir jalan, tulisan di baliho, iklan di media massa dan online, dan lain-lain. Slogan tersebut tujuannya adalah untuk mengingatkan dan mengajak kepada masyarakat sebagai warga negara yang baik agar patuh, displin, dan tertib dalam membayar pajak. Slogan ajakan untuk taat dalam membayar pajak tersebut memang terlihat jelas dan sederhana, namun pada kenyataannya belum maksimal dalam pencapaian kesadaran dari wajib pajak dalam membayar pajak dengan rutin dan tepat waktu.

Sampai tahun 2015, memang tidak mudah untuk bisa merealisasikan slogan indah “orang bijak taat pajak” itu, karena pada fakta yang ada masih saja sebagain dari warga masyarakat yang malas atau enggan, bahkan cuek untuk tertib dalam membayar pajak. Beban pajak yang diwajibkan kepada warga dan badan hukum, antara lain pajak bumi dan bangunan (PBB), pajak kendaraan bermotor (mobil & motor), pajak penghasilan, pajak usaha, dll. Faktor kemalasan dari sebagian orang atau masyarakat yang tidak patuh dalam membayar pajak semakin kuat ketika mereka melihat fakta bahwa ada beberapa oknum dari para pejabat publik malah tersangkut dengan kasus korupsi pajak, penggelapan pajak, pencucian uang, dan sejenisnya. Alasan lain mengapa sebagian orang kurang patuh dan tidak displin membayar pajak adalah kesadaran rendah atas pentingnya pajak, merasa kurang memilki uang lebih, rumahnya jauh dari kantor pajak, serta faktor malas karena masalah prosedur dan birokrasi dalam membayar pajak yang ribet, berbelit, dan tidak praktis.

Salah satu bukti dan usaha kerjasama Dinas Pajak dan Kepolisian RI untuk mempermudah layanan bagi masyarakat atau warga dalam membayar pajak kendaraan bermotor (pajak tahunan), maka dibentuklah layanan jemput bola berupa pajak online dan pajak keliling dalam bentuk Mobil Samsat Keliling Online (SamKel). Layanan publik yang berupa Mobil Samsat Keliling ini juga sudah ada dan berjalan di wilayah kabupaten Kebumen, dimana masyarakat atau warga Kebumen akan lebih mudah dalam membayar pajak motor, mobil, dan kendaraan miliknya tanpa harus pergi ke Kantor Samsat Kebumen. Untuk bisa menikmati atau menggunakan layanan Pajak Samsat Keliling, maka warga atau masyarakat harus terlebih dulu mengetahui jadwal mobil Samsat keliling di Kebumen. Mobil Samsat Keliling Online (samkel) untuk wilayah Kebumen ini selalu berkeliling setiap hari di berbagai lokasi dan kecamatan yang ada di Kebumen, termasuk pada hari Minggu, dan hanya libur pada hari Besar Agama atau hari Libur Nasional saja.

Jadwal, jam operasional, dan tempat Mobil Samsat Keliling Kebumen 2016 :
Hari Senin, jam 08.30 sampai 13.00 WIB tempat di Polsek Prembun (sebelah timur RSUD Prembun)
Hari Selasa, jam 08.30 sampai 13.00 WIB tempat di kantor Kecamatan Kutowinangun
Hari Rabu, jam 08.30 sampai 13.00 WIB tempat di kantor Kecamatan Buayan
Hari Kamis, jam 08.30 sampai 13.00 WIB tempat di kantor Kecamatan Petanahan
Hari Sabtu, jam 08.30 sampai 11.00 WIB tempat di kantor Kecamatan Alian
Hari Minggu, jam 06.00 sampai 08.30 WIB tempat di depan Pendopo Kebumen (utara alun-alun)
Cara dan syarat yang harus dibawa untuk membayar pajak tahunan kendaraan di layanan mobil SamKel ini adalah uang, KTP dan STNK Asli. Demikian informasi Kebumen tentang jadwal, lokasi, dan jam operasional layanan membayar pajak kendaraan online dengan fasilitas Mobil Samsat Keliling (mobil samkel). Agar kita bisa membayar pajak tahunan motor atau mobil dengan lebih mudah, gampang, cepat, dan praktis, maka kita harus paham lokasi dan jadwal Samsat Keliling Kebumen yang terdekat dengan desa kita. Diharapkan, semoga kedepannya tidak hanya layanan publik berupa Mobil Samsat Keliling, namun juga layanan berupa Mobil Pembuat SIM Keliling yang bisa rutin diadakan di beberapa lokasi atau kecamatan yang ada di kabupaten Kebumen. (@denbow, sumber: UP3AD/Samsat Kebumen)

About The Author

Untuk bergabung dengan Group Aku Cinta Kebumen di Facebook, silahkan buka link ini => Aku Cinta Kebumen

Number of Entries : 137

Comments (7)

Leave a Comment

© 2014. Facebumen - Aku Cinta Kebumen. Supported by Tips & Trik

Scroll to top