You Are Here: Home » WISATA » TRANSPORTASI » Jadwal KA Prameks di Stasiun Prembun

Jadwal KA Prameks di Stasiun Prembun

foto-stasiun-prembunPada Lebaran tahun 2015 terdapat beberapa terobosan baru dan menarik yang dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) dalam rangka meningkatkan pelayanan transportasi umum bagi masyarakat, baik dari segi teknis maupun non teknis. Terobosan dan upaya yang dilakukan oleh PT KAI salah satunya adalah yang dilakukan oleh PT KAI Daop V Purwokerto yaitu dengan memperpanjang jalur atau rute atau trayek Kereta Api Prambanan Ekspres (KA Prameks) sampai ke stasiun Prembun, kabupaten Kebumen. Rute atau trayek KA Pramex yang sebelumnya adalah dari  stasiun Kutoarjo ke stasiun Solo Balapan, pada musim Lebaran Juli 2015 diperpanjang ke arah barat sehingga KA Prameks berangkat dari stasiun Prembun menuju ke Solo Balapan.

Kereta Prameks di stasiun Prembun (sepur Pramex) dimulai pada musim mudik Lebaran 2015 tepatnya pada H-10 Lebaran 2015 sampai pada H+10 Lebaran (7 Juli – 27 Juli 2015), yang mana tujuan pengalihan trayek atau rute KA Prameks ke Prembun ini adalah untuk lebih meningkatkan pelayanan stasiun Kutoarjo yang dikhususkan untuk pemberhentian dan pemberangkatan kereta api jarak jauh. Sehingga mulai 7 Juli 2015 tiket KA Prameks sudah bisa dibeli dan jadwal datang & berangkat kereta api Prameks sudah bisa dibaca di stasiun Prembun. KA Pramex berangkat dari Prembun dan tidak berhenti di stasiun Kutoarjo, tetapi berhenti di sebelah timur Kutoarjo yaitu di stasiun Jenar (Purworejo), dan berhenti di Wates. Pemindahan trayek KA Prameks menjadi berangkat dari Prembun menuju stasiun Solo Balapan tentu saja diharapkan akan memperlancar lalu lintas dan memaksimalkan fungsi stasiun Kutoarjo dalam layanan transportasi musim Lebaran 2015. Selain itu, dampak positif dengan adanya trayek baru KA Pramex di stasiun Prembun adalah akan lebih menghidupkan perekonomian & bisnis warga Prembun terutama bagi mereka yang ada di sekitar stasiun Prembun.

gambar-kereta-prameksLetak atau lokasi stasiun Prembun berada di desa Prembun, kecamatan Prembun yang berada tepat di belakang pasar Prembun yaitu di sebelah selatan jalan raya (jalur bis) jurusan Purwokerto – Jogja. Selain akan meningkatkan perekonomian warga, juga akan meningkatkan antusias dan semangat masyarakat Prembun dan warga desa lain yang ada di dekat Prembun, seperti dari kecamatan Bonorowo, Mirit, Padureso, Kutowinangun, Ambal, dan juga kecamatan Butuh, untuk lebih mudah pergi dan wisata ke Jogjakarta dan Solo (pulang pergi dalam sehari dengan biaya murah). Sehingga nantinya akan dilakukan evaluasi oleh PT KAI, jika memungkinkan dan berdampak signifikan dengan dinamika warga Prembun dan sekitarnya, maka trayek Prameks bisa saja akan ditetapkan menjadi trayek atau rute Prameks resmi Prembun – Solo. Dan seandainya tidak, maka diharapkan pada musim Lebaran 2016 trayek KA Pramex bisa kembali hadir di stasiun Prembun seperti pada musim Lebaran 2015. Cara membeli karcis atau tiket Prameks di stasiun Prembun bisa dilakukan dengan membeli langsung di loket Pramex stasiun Prembun (2 jam sebelum pemberangkatan), maupun dengan membeli tiket Prameks secara online di situs tiket resmi dan situs rekanan PT KAI. Jumlah rute atau jadwal keberangkatan kereta Pramex dari Prembun jurusan ke Solo ini adalah 3 kali dalam sehari. (@denbow)

Tarif tiket KA Prameks Prembun :

– tujuan Yogyakarta (stasiun Lempuyangan & Tugu) adalah Rp 8.000.-
– tujuan stasiun Maguwo (Jogja) dan/sampai stasiun Balapan (Solo) adalah Rp 15.000,-

Jadwal KA Prameks dari stasiun Prembun :

– Kereta Pramex Pertama datang jam 05.49 WIB dan berangkat jam 06.00 WIB
– Kereta Pramex Kedua datang jam 07.57 WIB dan berangkat jam 08.35 WIB
– Kereta Pramex Ketiga datang jam 18.45 WIB dan berangkat jam 19.05 WIB

Jadwal KA Prameks dari Solo ke Prembun :

– Kereta Pramex Pertama berangkat dari Solo ke Prembun jam 05.15 WIB
– Kereta Pramex Kedua berangkat dari Solo ke Prembun jam 16.10 WIB

Jadwal KA Prameks dari Jogja ke Prembun :

– Kereta Pramex Pertama berangkat dari Jogja ke Prembun jam 04.30 WIB
– Kereta Pramex Kedua berangkat dari Jogja ke Prembun jam 06.35 WIB
– Kereta Pramex Ketiga berangkat dari Jogja ke Prembun jam 17.25 WIB

About The Author

Untuk bergabung dengan Group Aku Cinta Kebumen di Facebook, silahkan buka link ini => Aku Cinta Kebumen

Number of Entries : 137

Comments (10)

Leave a Comment

© 2014. Facebumen - Aku Cinta Kebumen. Supported by Tips & Trik

Scroll to top