You Are Here: Home » OBAT TRADISIONAL » Cara Membuat Teh Daun Kelor Sendiri

Cara Membuat Teh Daun Kelor Sendiri

Cara membuat teh daun kelor merupakan upaya yang bisa dilakukan kita sendiri di rumah dengan langkah yang mudah, murah dan sederhana. Memang sudah cukup dikenal dan diakui oleh masyarakat di tanah iar, termasuk oleh warga di kabupaten Kebumen, bahkan juga di beberapa negara lain bahwa khasiat daun kelor maupun manfaat teh kelor cukup banyak bagi kesehatan. Sehingga tak heran semakin kesini popularitas olahan dari daun kelor untuk kesehatan, pengobatan, dan juga kecantikan kian menjadi trend positif yang dipercaya oleh masyarakat. Manfaat daun kelor atau khasiat daun kelor atau Moringa begitu beragam dimana tidak hanya untuk mengobati saja namun juga untuk mencegah atau menjaga stamina tubuh dari serangan penyakit.

Cara mengolah daun kelor
Cara memanfaatkan daun kelor untuk kesehatan, baik untuk pencegahan penyakit atau mengobati sakit pada tubuh, tentu saja akan disesuaikan dengan kebutuhan dan juga selera orang yang hendak memakan atau mengkonsumsi daun kelor. Karena daun keloar sangat mudah digunakan sebagai obat terapi kesehatan dan banyak jenis penyakit dari jenis penyakit ringan, sedang, sampai terapi daun kelor untuk penyakit kronis atau penyakit dalam. Cara konsumsi daun kelaor bisa secara langsung dimakan dengan memilih pucuk daun yang masih muda, maupun dengan cara mengolah daun keloar.

Varian atau aneka olahan daun keloar untuk kesehatan bisa berupa teh daun kelor, jus daun kelor, permen daun kelor, sayur daun keloar, lalap daun kelor,  dan sebaganyai sampai pada wujud obat berbahan dasar daun kelor seperti dalam bentuk obat tetes. Salah satu khasiat daun kelor adalah untuk terapi atau mengobat sakit kuning, dimana daun kelor bisa dibuat menjadi teh kelor sebagai minuman rutin sehari-hari. Cara membuat teh daun kelor sendiri sebagai upaya untuk mengobati sakit kuning atau penyakit yang lainnya dengan menyiapkan daun kelor dengan memetik dari pohon daun kelor dan beberapa bahan tambahan.

Cara meramu daun kelor untuk sakit kuning :
1. siapkan setangkai daun kelor
2. sesendok madu murni
3. segelas air kelapa
4. cara mengolahnya adalah dengan mencuci daun kelor, lalu tumbuk daun kelor sampai halus
5. lalu masukkan tumbukan daun kelor ke dalam segelas air kelapa
6. masukkan juga madunya, kemudian aduk beberapa saat agar menjadi larut
7.  lalu saring air dalam gelas tersebut untuk memisahkan ampasnya, lalu minumlah airnya

Sementara cara membuat teh daun kelor sendiri adalah :
1. Cuci beberapa daun kelor di dalam wadah air selama beberapa menit
2. Daun kelor yang sudah dicuci, tiriskan dengan kain lembut sampai kering
3. Rebus air secukupnya sampai mendidih, lalu masukan daun kelor ke dalam rebusan sekitar 1 menit
4. Lalu saring airnya dan pisahkan daun kelor tersebut dengan kain bersih
5. Kemudian daun kelor di kain itu Anda keringkan dengan cara disimpan di tempat gelap dan kering selama 7 sampai 10 hari
6. Setelah 10 hari Anda ambil teh daun keor etsrbut untuk diseduh dengan air mendidih sebagai minuman

Khasiat teh kelor adalah untuk meningkatkan energi secara alamiah serta teh kelor juga sebagai sumber nutrisi luar biasa bagi tubuh kita. Setelah kita meminum air seduhan teh lelor stamina akan meningkat dan berlangsung lebih lama dibandingkan energi dari meminum air gula biasa. Dan beberapa testimoni atau pengakuan dari para konsumen teh kelor untuk terapi sehat dan menyembuhkan penyakit, diantaranya mereka yang rutin meminum teh kelor setiap hari, maka luka atau infeksi di tubuh mereka berangsur kering dan sembuh, bisa menghambat pertumbuhan tumor, mengurangi sakit akibat radang sendi, tekanan darah stabil, dan sebagainya.

Khasiat teh kelor yang lain adalah teh kelor mampu sebagai penenang bagi sistem syaraf otak karena daun kelor mengandung gaba yang bersifat neorotransmiter, sehingga bisa menurunkan tekanan darah. Teh kelor juga memebrikan efek detoksifikasi untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. serta bisa meningkatkan kualitas tidur kita. (Artikel cara membuat teh daun kelor sendiri ini diambil dari berbagai sumber).

About The Author

Untuk bergabung dengan Group Aku Cinta Kebumen di Facebook, silahkan buka link ini => Aku Cinta Kebumen

Number of Entries : 156

Leave a Comment

© 2014. Facebumen - Aku Cinta Kebumen. Supported by Tips & Trik

Scroll to top