You Are Here: Home » WISATA » BUKIT » Bukit Pentulu Indah Karangsambung Kebumen

Bukit Pentulu Indah Karangsambung Kebumen

bukit-pi-karangsambungInformasi tempat wisata dan pesona wisata Indonesia pada tahun 2016 semakin tersebar dengan cepat dan mudah dikarenakan semakin banyak media informasi dan komunikasi yang ada saat ini. Penyebaran info tempat wisata, alamat tempat wisata, fasilitas tempat wisata, tiket masuk, hotel, restoran dan penginapan, jalur atau arah jalan menuju lokasi wisata, sampai menu makanan atau kuliner yang tersaji di sebuah tempat wisata pun akan semakin mudah untuk diperoleh melalui media masa, media sosial, internet, serta aplikasi wisata dan hotel di smartphone. Begitu indah alam Indonesiaa, termasuk untuk wilayah yang ada di Jawa Tengah, dan juga untuk daerah yang ada di kabupaten Kebumen, dimana keindahan alam Kebumen tidak hanya pada sisi selatan yang berupa keindahan alam seperti pantai, laut, gua, laguna, pelelangan ikan, tambak undang, hutan bakau & mangrove, dan sebagainya, namun juga keindahan alam yang sangat berpotensi untuk menjadi tempat wisata Kebumen yaitu di sisi utara kabupaten Kebumen, yang berupa bukit, hutan, sungai, wisata geologi, arum jeram, dan air terjun atau curug.

Keindahan alam Kebumen yang berada di sisi utara Kebumen adalah berupa gugusan pegunungan rendah atau barisan bukit, yang terbentang dari wilayah utara kecamatan Gombong, Sempor, Karanganyar, Karangsambung, Alian, hingga ke ke timur di utara kecamatan Prembun. Dari barisan bukit yang ada di bagian utara Kebumen tersebut sudah ada beberapa bukit, hutan, dan air terjun yang sudah resmi menjadi tempat tujuan wisata atau destinasi wisata bukit di Kebumen. Beberapa bukit indah di Kebumen yang berpotensi menjadi obyek wisata bukit secara nasional antara lain ; bukit Pranji, bukit Indrakila, bukit Pentulu Indah, bukit Langit, bukit Widoro, bukit Nagasari (Karangduwur), bukit Kedoya, bukit Wadas Putih, bukit Indrakila, bukit Dhuwur, bukit Kruwet, dan bukit Paras. Sementara bukit unik dan tua yang berada di dekat pantai atau pesisir laut Kebumen juga ada, yaitu bukit Hud, yang berada di sebelah barat lokawisata pantai Karangbolong.

Salah satu tempat wisata bukit di Kebumen yang sangat indah dan arah atau jalan untuk menuju lokasinya cukup mudah untuk ditempuh adalah Bukit Pentulu Indah Karangsambung. Bukit Pentulu Indah atau sering dikenal dengan Bukit PI Karangsambung secara resmi telah dibuka sebagai tempat wisata untuk umum pada tahun 2015. Alamat atau lokasi Bukit Pentulu Indah berada di Dusun Dakah, Desa Karangsambung, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen. Jarak Bukit PI Karangsambung dari Kebumen sekitar 21 km ke arah utara, yang jika ditempuh dengan mobil sekitar 35 menit. Lokasi bukit PI tidak jauh atau cukup dekat dengan tempat wisata dan pusat geologi (kawasan geopark) yaitu Kampus LIPI Karangsambung.

bukit-pentulu-indahPara wisatawan atau pelancong yang ingin trip wisata, piknik, plesir, jalan-jalan, adventure, atau eksplor Kebumen dengan tujuan ke bukit PI Karangsambung ini, tidak akan merasa kesulitan, karena medan atau jalan menuju ke lokasi bukit PI cukup bagus, dan arah atau peta atau denah jalan untuk menuju ke Bukit Pentulu Indah cukup mudah dan strategis. Cukup strategis karena memang melalui jalan raya yang mudah ditemukan dari arah barat kota Kebumen, seperti  dari Banyumas, Purwokerto, Cilacap, Ciamis, dst, maupun dari arah timur Kebumen, seperti dari Kutoarjo, Purworejo, Magelang, Wates, Jogjakarta, dst, dimana nanti ada papan atau plang penunjuk jalan ke arah utara untuk menuju ke Karangsambung. Medan atau jalan menuju puncak Pentulu Indah juga tidak curam dan tidak sulit, karena tergolong mudah, tanjakan tidak tinggi, serta dekat dengan perkampungan warga.

Keindahan yang bisa dinikmati saat berada di Bukit Pentulu Indah Karangsambung Kebumen adalah hamparan hutan pinus yang rapat dan lebat, pemandangan dengan melihat bukit lain yang ada di sekeliling arah mata memandang, pemandangan indah jajaran gunung Sumbing dan Sindoro, udara yang sehat dan segar, serta jika pagi hari adalah pesona keindahan untuk melihat matahari terbit atau sunrise dari puncak bukit Pentulu Indah, sehingga dengan mudah kita bisa mengabadikan momen sunrise dan juga keindahan alam Bukit Pentulu Indah melalui kamera foto dan rekam video. Karena kontur tanah atau kondisi tanah yang cukup luas dan datar, sehingga para pengunjung juga bisa mendirikan tenda untuk bermalam atau kemah dan camping di Bukit PI Karangsambung, yang juga masih dalam wilayah Cagar Alam Geologi Nasional Karangsambung.  (@denbow, sumber: @LintasKebumen)

About The Author

Untuk bergabung dengan Group Aku Cinta Kebumen di Facebook, silahkan buka link ini => Aku Cinta Kebumen

Number of Entries : 141

Comments (1)

Leave a Comment

© 2014. Facebumen - Aku Cinta Kebumen. Supported by Tips & Trik

Scroll to top