You Are Here: Home » INSTANSI » Bayar Pajak Kendaraan Berhadiah Motor

Bayar Pajak Kendaraan Berhadiah Motor

Orang bijak taat pajak berlaku untuk semua wajib pajak, sehingga apabila jadwal pembayaran pajak tidak bisa dilaksanakan dengan tepat waktu ataupun telat, maka akan mendapatkan sanksi atau hukuman diantaranya berupa denda pajak. Seperti yang dijelaskan pada Pasal 23A UUD 1945 bahwa “Pajak dan pungutan lain yang bersifat memaksa untuk keperluan negara diatur dengan undang­-undang”. Kewajiban warga negara membayar pajak terhadap negara merupakan kewajiban yang sangat umum bagi setiap negara. Maknanya, bahwa setiap negara telah memberlakukan aturan yang memaksa kepada setiap warga negara untuk membayar pajak. Bahkan, pajak telah menjadi andalan negara dalam rangka sebagai pembiayaan pembangunan nasional.

Mengapa membayar pajak bagi setiap wajib pajak itu diharuskan dan sebaiknya tepat waktu adalah karena pendapatan dari pajak merupakan sektor penting bagi pembangunan negara. Tanpa adanya pajak, maka akan sulit bagi suatu negara untuk bisa membangun dan mensejahterakan rakyatnya secara adil dan berkesinambungan. Dari alasan tersebut sehingga menjadikan kedudukan pajak sangat penting dan hukumnya wajib bagi setiap warga negara sebaga wajib pajak. Di negara Indonesia, pajak menjadi sektor pemasukan kas negara yang paling besar. Sehingga penerimaan negara dari pajak memegang peranan sangat penting untuk kelangsungan sistem pemerintahan dan pembangunan.

Pajak Kendaraan Bermotor atau PKB adalah salah satu bagian dari sumber pajak yang merupakan sumber pendapatan daerah yang penting untuk membiayai pemerintahan dan pembangunan daerah.
Beberapa fungsi atau manfaat PKB bagi daerah adalah :

  • Sebagai sumber pendapatan daerah
  • Untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan daerah
  • Untuk pembangunan dan atau pemeliharaan jalan serta peningkatan sarana transportasi umum
  • Membantu peningkatan pendapatan Kabupaten/Kota
  • Untuk meningkatkan ketenangan dan kepastian hukum bagi wajib pajak

Peran serta masyarakat sebagai wajib pajak termasuk dalam membayar PKB selalu diharapkan dari waktu ke waktu agar bisa ssemakin displin dan menjadi wajib pajak yang patuh. Himbauan, sosialisasi, dan ajakan untuk taat pajak dan membayar pajak tepat waktu juga sering dilakukan oleh para aparat pajak dan instansi terkait. Salah satu upaya menarik wajib pajak agar mau lebih semangat untuk membayar pajak kendaraan tepat waktu juga dilakukan oleh Pemda Jawa Tengah. Setelah pada tahun sebelumnya diadakan program pemutihan pajak kendaraan di Jateng, maka di 2018 ini diadakan lagi upaya pemerintah untuk menarik gairah warga agar semakin taat membayar pajak kendaraan bermotor tepat waktu.

Upaya Pemerintah Daerah Tingkat 1 Jawa Tengah bersama instansi terkait untuk menarik masyarakat agar semakin patuh membayar PKB tepat waktu adalah melalui program Bayar Pajak Kendaraan Berhadiah. Dimana periode Program Bayar Pajak Kendaraan Berhadiah Mobil, Bayar Pajak Kendaraan Berhadiah Motor, dan Bayar Pajak Kendaraan Berhadiah Televisi ini adalah 2 Januari sampai dengan 31 Oktober 2018. Program bayar PKB berhadiah utama mobil, bayar Pajak motor berhadiah motor, bayar pajak mobil berhadiah mobil, bayar pajak berhadiah TV layar besar, atau bayar pajak berhadiah mobil, atau bayar pajak dapat motor bagi yang beruntung ini, hanya berlaku untuk kendaraan bermotor dengan Nomor Polisi atau Plat Nomor Jawa Tengah yang sudah melakukan pembayaran pajak motor atau pajak mobil dari tanggal 2 Januari 2018 sampai 31 Oktober 2018.

Syarat & ketentuan Program Bayar Pajak Kendaraan Berhadiah 2018 :
– Sistem adalah undian berhadiah mobil, motor, dan TV layar lebar
– Kupon undian otomatis tercatat setelah warga membayar pajak kendaraan
– Syarat mengikuti adalah pemilik kendaraan ber-Plat Nomor (Nopol) wilayah Jateng
– Membayar pajak kendaraan periode 2 Januari sampai 31 Oktober 2018
– Membayar PKB sebelum tanggal jatuh tempo akan mendapatkan 3 kupon undian
– Membayar PKB pada tanggal jatuh tempo akan mendapatkan 2 kupon undian
– Membayar PKB setelah tanggal jatuh tempo akan mendapatkan 1 kupon undian
– Hadiah adalah 1 buah mobil Toyota Innova, 47 espeda motor, dan 5 TV 43 inch
– Pengundian hadiah Program Bayar Pajak Kendaraan Berhadiah Motor akhir Nopember 2018

About The Author

Untuk bergabung dengan Group Aku Cinta Kebumen di Facebook, silahkan buka link ini => Aku Cinta Kebumen

Number of Entries : 160

Leave a Comment

© 2014. Facebumen - Aku Cinta Kebumen. Supported by Tips & Trik

Scroll to top