You Are Here: Home » INSTANSI » Aplikasi Smile Police di Polres Kebumen

Aplikasi Smile Police di Polres Kebumen

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi semakin pesat dan meluas yang menjangkau berbagai macam sektor serta sub sektor dan segi kehidupan manusia. Salah satu yang paling cepat mengalami perkembangan dari waktu ke waktu adalah teknologi smartphone, baik yang berupa teknologi mesin perangkat keras atau hardware dan juga program atau software dan aplikasi yang diciptakan. Perkembangan dan persebaran dari hasil kemajuan teknologi informasi dan komunikasi semakin mudah dijangkau dan didapatkan oleh banyak lapisan masyarakat dan warga, dari anak-anak, remaja, dewasa, sampai para lanjut usia. Persebaran informasi dan data tersebut bisa didapatkan dari banyak media, dari media cetak, media elektronik seperti kaset, radio, televisi, film, sampai pada media online yang sangat canggih yaitu internet dan aplikasi smartphone. Sejalan dengan kemajuan teknologi dan tuntutan kebutuhan masyarakat di era modern ini, Kepolisian RI sebagai salah satu aparat penegak hukum, pengayom, dan pelayan masyarakat juga terus meningkatkan kualitas layanannya tersebut melalui bermacam sistem layanan online dan aplikasi online.

Salah satu wujud dari layanan aplikasi online Polda Jawa Tengah 2017 yang merupakan bagian dari 11 Program Prioritas Kapolri adalah aplikasi Android yang bernama Smile Police Polda Jateng. Layanan berupa aplikasi Smile Police ini terintegrasi dengan teknologi informasi dari Polda Jawa Tengah yang profesional, modern, dan terpercaya (PROMOTER). Aplikasi Smile Police dihadirkan sebagai sistem management informasi elektronik yang bertujuan untuk mempermudah warga masyarakat mendapatkan layanan kepolisian dimana saja dan kapan saja, selama masih dalam lingkup wilayah kepolisian Jawa Tengah, yang tentu saja aplikasi ini juga diberlakukan di wilayah Polres Kebumen untuk melayani seluruh masyarakat Kebumen. Aplikasi Smile Police terdiri dari 6 aplikasi online yaitu Panic Button, E-Bhabin, E-Public Service, E-Complaint, E-Learning, dan E-Office. Aplikasi online dan terbaru dari polisi ini bisa diunduh dan dipasang secara gratis melalui Google Playstore melalui Hp atau tablet Android dengan minimal OS Android versi 4.01 atau Ice Cream Sandwich.

Setelah men-download dan memasang aplikasi itu di smartphone, maka agar bisa menggunakan semua menu di aplikasi sesuai dengan fungsinya, masyarakat harus melakukan pendaftaran atau registrasi dulu untuk bisa menjadi member pengguna aplikasi Smile Police. Dalam aplikasi Panic Button tersebut berisi aplikasi Public Panic Button untuk warga masyarakat Jawa Tengah yang ingin mengirimkan pesan darurat, informasi kejahatan, atau hendak minta pertolongan kepada Polisi dan kerabat atau teman yang sebelumnya sudah di-add pada aplikasi tersebut. Caranya dengan menekan tombol darurat (SOS) pada layar aplikasi sebanyak 3 kali. Maka dengan otomatis aplikasi akan mengirimkan pesan darurat tersebut ke polisi dan operator dashboard monitoring. Sehingga Polisi terdekat dari lokasi pelapor akan segera merespon dan mengirimkan petugas ke lokasi kejahatan atau kejadian (TKP) pelapor.

E-Bhabin atau electronic Bhabinkamtibmas merupakan aplikasi dengan konsep one shot one report, yang mempunyai fitur integrasi platform mobile trust antara masyarakat dengan Bhabinkamtibmas. Dengan aplikasi e-Bhabin ini warga dapat melapor kepada petugas Bhabinkamtibmas kapan saja dan dimana saja hanya dengan melaui ponsel Android.
E-Public Service adalah aplikasi kepolisian untuk mempermudah berbagai pelayanan, seperti ; Smart Regident Center (E-BPKB, STNK reminder, SKCK, dan SIM Online). Dengan aplikasi ini akan memudahkan warga dalam mengecek keabsahan BPKB, mengetahui informasi identitas pemilik dan nomor pada BPKB, mengetahui jadwal perpanjangan STNK, dan juga layanan SIM online.
E-Complaint adalah aplikasi sebagai sarana atau wadah pengaduan masyarakat terhadap kinerja atau layanan kepolisian yang ditangani oleh bidang profesi dan pengamanan untuk menyampaikan keluhan. Caranya dengan mengisi form keluhan dalam aplikasi e-complain, dan tindak lanjut dari laporan akan dikirimkan kepada pelapor.

E-Learning adalah aplikasi Biro SDM Polda Jawa Tengah untuk memberikan materi pembelajaran bagi masyarakat dan anggota Polri. Seperti informasi tentang pendaftaran atau recruitment Polri dan latihan ujian teori SIM. Sementara untuk personil Polri adalah sarana mendapatkan materi bagi yang ingin mengikuti pendidikan pengembangan spesialis fungsi tekhnis kepolisian.
E-Office merupakan aplikasi atau layanan online yang disediakan untuk mempermudah proses administrasi agar bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Layanan ini akan mempersingkat alur pengajuan administrasi melalui fitur pengajuan draft administrasi online.
E-Presence, aplikasi untuk cek keberadaaan petugas yang apat dimonitor oleh atasan atau unit yang berwenang secara berkala tanpa perlu melakukan pengawasan secara langsung ke lokasi (remote system).
Aplikasi online sebagai program andalan Polda Jawa Tengah ini telah di launching secara resmi oleh Kapolri Jenderal Tito Karniavian di Mapolda Jateng pada hari Sabtu, 4 Feburari 2017, sehingga aplikasi Smile Police di Polres Kebumen juga sudah siap dan bisa digunakan oleh warga masyarakat di Kebumen. (sumber; https://www.tribratanews-polreskebumen.com)

About The Author

Untuk bergabung dengan Group Aku Cinta Kebumen di Facebook, silahkan buka link ini => Aku Cinta Kebumen

Number of Entries : 141

Comments (1)

Leave a Comment

© 2014. Facebumen - Aku Cinta Kebumen. Supported by Tips & Trik

Scroll to top