You Are Here: Home » WISATA » GUNUNG » 10 Nama Gunung di Jawa Tengah dan Letaknya

10 Nama Gunung di Jawa Tengah dan Letaknya

Tempat wisata alam merupakan wahana wisata yang sangat indah, eksotis dan tentu saja sangat mengagumkan. Begitu bamyak tempat wisata alam yag bisa dijumpai di sekitar kita, dari mulai wisata air, wisata pantai, wisata laut, wisata bukit, wisata lembah, wisata gunung, wisata air terjun, wisata danau, wisata sungai, wisata goa, dan lain-lain. Pulau Jawa merupakan salah satu pulau di tanah air yang didalamnya terdapat banyak sekali tempat wisata alam yang menarik dan sebagai lokasi wisata unik. Keindahan dan eksotisme objek wisata alam di pulau Jawa yang tersebar dari Jawa bagian barat sampai ke bagian timur, kemudian di bagian utara, tengah, dan sampai di pesisir selatan Jawa, dimana lokasi wisatanya tidak hanya terkenal di dalam negeri saja, namun ada beberapa yang sangat dikenal di luar negeri atau manca negara.

Salah satu objek wisata alam atau destinasi wisata alami yang sangat indah, cantik, asri, dan menawan di pulau Jawa, termasuk di Jawa Tengah adalah berupa gunung atau pegunungan, bukit, dan lembah. Cukup banyak nama gunung di Jawa, termasuk nama gunung di Jawa Tengah, dimana nama-nama gunung di pulau Jawa tersebut sudah banyak dikenal dari jenis gunung berapi sampai gunung yang tidak berapi. Cukup banyak juga jenis gunung berapi di pulau Jawa yang mana beberapa di antaranya termasuk gunung berapi aktif sampai saat ini. Dan yang merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah adalah Gunung Slamet. Lokasi Gunung Slamet terletak di 5 wilayah kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Banyumas, Brebes, Tegal, Pemalang, dan Purbalingga. Gunung Slamet adalah gunung tertinggi di Jawa Tengah, yang merupakan gunung tertinggi kedua di pulau Jawa, setelah Gunung Semeru di Jawa Timur.

Pegunungan memang merupakan kawasan wisata yang sangat indah dan untuk bisa mencapai ke puncaknya sangat diperlukan keahlian, perjuangan, keberanian, dan juga kekuatan dari segi fisik maupun mental. Para petualang yang hobi berwisata ke tempat-tempat outbound penuh tantangan, termasuk para pendaki gunung adalah mereka yang tak henti untuk selalu berpetualang sebagai pecinta alam dan penjelajah pemandangan gunung yang indah dan menantang, untuk terus mencari lokasi dan tempat baru untuk bisa ditaklukan. Pendakian gunung adalah aktivitas yang tidak hanya menantang dan penuh resiko, namun juga ada kebanggaan serta kepuasan tersendiri ketika bisa sampai ke puncak gunung yang didaki. Nama gunung di pulau Jawa memang banyak, sama halnya dengan banyaknya nama-nama sungai di pulau Jawa, demkian juga cukup banyak nama-nama gunung di Jawa Tengah. Paling tidak ada 10 nama gunung di Jawa Tengah dan letaknya serta kondisinya yang sangat indah dan seringkali dijadikan sebagai lokasi atau tempat pendakian gunung favorit oleh para pecinta hiking atau pendaki gunung.

10 nama gunung di Jawa Tengah dan letaknya :

    1. Gunung Lawu, merupakan gunung tertinggi ketiga di Jawa Tengah, dimana ketinggian gunung Lawu mencapai 3.265 mdpl. Letak gunung Lawu berada di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah yang meliputi wilayah administratif Kabupaten Magetan, Ngawi dan Karanganyar.
    2. Gunung Merapi, termasuk gunung berapi paling aktif di dunia dengan ketinggian sekitar 2.968 mdpl. Letak gunung Merapi ada di wilayah kabupaten Sleman, Magelang, Boyolali dan Klaten.
    3. Gunung Merbabu, letak secara adminstratif berada di wilayah Kabupaten Boyolali, Magelang, Semarang. Ketinggian gunung Merbabu sekitar 3.142 Mdpl.
    4. Gunung Muria, merupakan gunung yang memiliki mitos berkaitan dengan sejarah Walisongo, dimana lokasinya berada di wilayah kabupaten Kudus, Jepara, dan Pati, dengan ketinggian sekitar 1.601 mdpl.
    5. Gunung Prau, letaknya di dataran tinggi Dieng dengan lokasi berada di antara kabupaten Wonosobo dan Kendal, dimana ketinggian gunung Prau sekitar 2.565 mdpl.
    6. Gunung Rogojembangan, letaknya di antara kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo, dengan ketinggian gunung Rogojembangan sekitar 2.117 mdpl.
    7. Gunung Sindoro (Sindara), letaknya di sebelah barat gunung Sumbing, dan merupakan tipe gunung aktif. Secara administratif, lokasi gunung Sindoro berada di kabupaten Wonosobo dan Temanggung, dengan ketinggian sekitar 3.150 mdpl.
    8. Gunung Slamet, letaknya di wilayah 5 kabupaten di Jawa Tengah, sebagai gunung tertinggi di Jateng, dengan ketinggian Gunung Slamet sekitar 3.432 mdpl.
    9. Gunung Sumbing, letaknya jejer dengan gunung Sindoro yang berada di wilayah 3 kabupaten yaitu Wonosobo, Temanggung, dan Magelang. Gunung Sumbing adalah gunung tertinggi kedua di Jawa Tengah, dimana ketinggiannya sekitar 3.371 mdpl.
    10. Gunung Telomoyo, merupakan gunung aktif di Jateng yang letaknya di wilayah kabupaten Magelang dan Semarang, dengan ketinggian sekitar 1.894 mdpl.

 

About The Author

Untuk bergabung dengan Group Aku Cinta Kebumen di Facebook, silahkan buka link ini => Aku Cinta Kebumen

Number of Entries : 170

Leave a Comment

© 2014. Facebumen - Aku Cinta Kebumen. Supported by Tips & Trik

Scroll to top